Yamaha Rajai Suzuka 8 Hours

Minggu, 30 Juli 2017 - 20:35 WIB
Yamaha Rajai Suzuka 8 Hours
Yamaha Rajai Suzuka 8 Hours
A A A
SUZUKA - Yamaha Factory Racing Team memenangkan edisi ke-40 balap ketahanan motor Suzuka 8 Hours yang digelar Minggu (30/7/2017). Ini merupakan kemenangan ketiga kali berturut-turut sejak 2015.

Dilaporkan Motorsport.com, Yamaha dan Musashi RT Harc-Pro Honda terlibat pertarungan ketat di 90 menit pertama balapan setelah berhasil melepaskan diri dari Kawasaki Team Green yang sempat memimpin dari posisi ketiga di frid. Namun akhirnya persaingan untuk memimpin balapan diselesaikan Alex Lowes yang mengendarai YZF-R1 bersama pebalap Yamaha lainnya, Katsuyuki Nakasuga dan Michael ven der Mark melakukan langkah tegas atas pebalap Harc-Pro Honda, Jack Miller di jam kedua.

Tim Honda terus mengejar Yamaha yang terpaut sekitar 4 detik hingga akhirnya Takaaki Nakagami terjatuh di jam ketiga dan merusak motor CBR1000RR SP2. Pebalap asal Jepang tersebut lalu masuk ke pit untuk mengganti lampu utama dan fairing motor, dan menyebabkan Jack Miller dan Takumi Takahashi turun ke posisi keempat.

Dengan hasil ini, Nakasuga menjadi pembalap pertama yang mencetak tiga kemenangan Suzuka 8 Hours berturut-turut, sejak menjadi bagian dari line up Yamaha pada 2015. Di belakang Yamaha ada Kawasaki Team Green yang diawaki Leon Haslam, Kazuma Watanabe, dan Azlan Shah. Tim ini mewarisi posisi runner up dari FCC TSR Honda di jam terakhir balapan. Skuat tim Honda awalnya terlihat cukup nyaman hingga akhirnya muncul api dari bagian dalam bodywork bawah sepeda motor dan memaksa Randy de Puniet, yang membalap bersama Dominique Aegerter, dan Josh Hook, berhenti dari balapan karena alasan keamanan.

Randy de Puniet kemudian masuk ke dalam pit dan kru langsung mematikan api tersebut dan segera kembali ke lintasan. Namun dia kehilangan banyak waktu dan membuatnya turun ke posisi ketiga.

Trio YART Yamaha, Broc Parkes, Kohta Nazane, dan Marvin Fritz berada di urutan kelima di belakang tim Harc-Pro Honda, disusul pebalap Honda Dream Racing Tomoyoshi Koyama, Ryosuke Iwato, dan Tatsuya Yamaguchi.
Yoshimura Suzuki yang menurunkan Sylvain Guintoli, Joshua Brookes, Takuya Tsuda menempati posisi ketujuh setelah kehilangan beberapa lap dalam 30 menit pertama dengan masalah teknis.
(amm)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.8952 seconds (0.1#10.140)