Atlet Renang Indonesia Ukir Sejarah Baru di Pentas Dunia

Senin, 31 Juli 2017 - 00:01 WIB
Atlet Renang Indonesia Ukir Sejarah Baru di Pentas Dunia
Atlet Renang Indonesia Ukir Sejarah Baru di Pentas Dunia
A A A
BUDAPEST - Prestasi membanggakan dibuat I Gede Siman Sudartawa. Ia menjadi perenang Indonesia pertama yang bisa masuk ke babak 16 besar dalam Kejuaraan Dunia Renang FINA di Budapest, Hungaria, Sabtu (29/7/2017).

Siman yang tampil di nomor spesialisnya, 50 meter gaya punggung putra mencatat waktu 25,17 detik dan berhasil masuk ke semifinal. Di fase tersebut ia berhasil memperlihatkan aksi terbaik dengan mencetak rekornas baru yakni 25,04 detik. Siman mempertajam rekornas sebelumnya yakni 25,12 detik.

"Bersyukur atas pencapaian Siman yang menorehkan sejarah sebagai perenang pertama Indonesia yang masuk 16 besar di kejuaraan dunia. Alhamdulillah, Siman bisa pecahkan rekornas 25,04 detik. Semoga pencapaian yang sangat membanggakan ini memberikan inspirasi dan motivasi bagi perenang-perenang Indonesia yang lain," jelas Wakil Ketua Umum PB PRSI, Harlin Rahardjo dalam rilis yang diterima Sindonews.

Sementara itu, Albert Sutanto mengaku bangga dengan prestasi anak didiknya. Pelatih pelatnas tim Indonesia ini berharap Siman bisa tampil lebih baik lagi.

"Siman punya tekad kuat masuk semifinal, jadi mampu mengatasi segala kesulitan. Hasilnya mampu mencatat waktu 25,17 hanya terpaut 0,02 detik dari rekornas miliknya 25,12 detik. Dan di semifinal, Siman memperbaikinya dengan mencetak rekornas baru 25,04 detik," papar Albert yang mendampingi Siman di kejuaraan dunia ini.

"Mudah-mudahan pengalaman pertamanya di semifinal ini bisa dijadikan motivasi tersendiri tampil di SEA Games bulan depan," imbuh Albert.

Hasil positif juga ditorehkan perenang pelatnas, Aflah Fadlan Prawira yang memecahkan rekor nasional di nomor 1500 meter gaya bebas putra. Pada kejuaraan dunia kali ini, Fadlan mencatat rekornas baru 15 menit 31,27 detik atau lebih cepat dari rekornas lama miliknya 15 menit 34,50 detik.

"Rekornas baru Fadlan, menunjukan dia mampu terus memperbaiki waktu terbaiknya dan semoga mencapai puncaknya di SEA Games nanti," ucap Harlin.
(bep)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5191 seconds (0.1#10.140)