alexametrics

Suzuka 8 Hours 2017

Pembalap Yamaha Catat Rekor Suzuka 8 Hours, Dimas Ekky Ke-8

loading...
Pembalap Yamaha Catat Rekor Suzuka 8 Hours, Dimas Ekky Ke-8
Alex Lowes menggeber motor YZF-R1 milik tim Yamaha Factory Racing di Suzuka 8 Hours 2017. (Foto/Motorsport) 2
A+ A-
SUZUKA - Tim Yamaha Factory Racing mendominasi lomba balap motor ketahanan Suzuka 8 Hours 2017, Minggu (30/7) waktu setempat. Tim dari Hamamatsu, Jepang tersebut meraih kemenangan ketiganya secara beruntun sejak kembali pada 2015.

Walau mendominasi lomba untuk mencatat hat-trick Suzuka 8 Hours. Gelaran edisi kali ini dibuka dengan pertarungan sengit antara motor nomor 21 milik tim Yamaha Factory Racing dengan #634 tuningan tim HARC-Pro Honda selama 90 menit pertama.



Mereka terlibat dalam duel sengit setelah bisa melepaskan diri dari motor nomor 11 milik tim Kawasaki, yang tadinya sempat memimpin awal lomba setelah start dari urutan ketiga.
Alex Lowes menggeber motor YZF-R1 milik tim Yamaha Factory Racing di Suzuka 8 Hours 2017. (Foto-Motorsport)
Motor Yamaha YZF-R1 nomor 21 yang digeber Alex Lowes (berbagi dengan Katsuyuki Nakasuga dan Michael van der Mark) akhirnya bisa nyaman memimpin lomba setelah melewati dua jam pertarugnan. Setelah Lowes membuat gerakan overtaking menentukan pada tikungan Esses Sirkuit Suzuka guna melewati pembalap andalan HARC-Pro Honda, Jack Miller.

Keunggulan Yamaha #21 atas Honda #634 yang tadinya bertahan dengan selisih 4 detik. Kemudian melebar pada jam ketiga lomba, usai Takaaki Nakagami terjatuh dan merusak motor CBR1000RR Fireblade SP2 tunggangannya.

Pembalap Jepang itu terpaksa membawa motornya kembali ke pit untuk pergantian lampu depan dan fairing. Akibatnya, posisi #634 turun ke urutan keempat. Yamaha #21 pun mulus finis terdepan hingga lomba berakhir.
Tim Yamaha Factory Racing merayakan kemenangan ketiga beruntun Suzuka 8 Hours 2017. (Foto-GPOne)
Katsuyuki Nakasuga memacu motor YZF-R1 milik tim Yamaha Factory Racing di Suzuka 8 Hours 2017. (Foto-Motorsport) 2
Tim Yamaha Factory Racing memastikan gelar ketiga mereka secara beruntun setelah berjaya pada 2015-2016. Salah satu joki mereka, Katsuyuki Nakasuga, mencatat sejarah sebagai pembalap pertama yang menorehkan tiga gelar secara beruntun di Suzuka 8 Hours.

Motor #11 Kawasaki yang digeber Leon Haslam, Kazuma Watanabe, serta Azlan Shah finis kedua. Mereka mengalahkan motor #5 milik tim FCC TSR Honda di jam terakhir lomba.

Kekalahan tim FCC TSR Honda kali ini disebabkan alasan teknis. Randy de Puniet yang sedang menggeber motor #5, dipaksa masuk fit untuk berhenti dan faktor keamanan. Karena pada motor yang juga digeber oleh Dominique Aegerter dan Josh Hook (sebagai pengganti Stefan Bradl) tersebut, muncul api di bagian bawah mesinnya.

Setelah api dipadamkan dan diperiksa lagi untuk alasan keamanan, motor #5 kembali bergabung ke lintasan. Tapi waktu yang dihabiskan selama proses di pit telah membuat mereka harus turun ke peringkat ketiga.
Dimas Ekky di garasi Honda Team Asia Satu Hati pada Suzuka 8 Hours 2017. (Foto-twitter)
Sementara itu salah satu wakil Indonesia di Suzuka 8 Hours 2017, Dimas Ekky Pratama, tampil oke. Dimas yang berbagi motor #22 setelan Honda Team Asia dengan Ratthapong Wilairot dan Md Zaqhwan Zaidi finis ke-8.

Hasil 8 Besar Suzuka 8 Hours 2017
Hasil lomba balap motor ketahanan Suzuka 8 Hours 2017 (8 besar). (Foto-Motorsport)
(sbn)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak