Spesifikasi Rudal Naval Spike NLOS yang Dipakai AL Israel Menyerang Hamas

Senin, 16 Oktober 2023 - 12:46 WIB
loading...
Spesifikasi Rudal Naval Spike NLOS yang Dipakai AL Israel Menyerang Hamas
Rudal Naval Spike NLOS jadi salah satu senjata andalan Israel untuk menyerang Hamas. Foto: ist
A A A
ISRAEL - Rudal Naval Spike NLOS jadi salah satu senjata andalan Israel yang baru-baru ini digunakan untuk menyerang pasukan Hamas di Gaza.

Menurut laman Israel Defense, juru bicara Pasukan Pertahanan Israel (IDF) membenarkan bahwa Angkatan Laut mereka melakukan serangan terhadap sasaran pesisir dan memperkirakan serangan itu dilakukan dengan menggunakan rudal maritim Spike NLOS .

Rudal tersebut diklaim memiliki kemampuan untuk menyerang sasaran maritim dan pesisir pada siang dan malam hari, dan dalam segala kondisi cuaca.
Senjata ini dikembangkan oleh dikembangkan dan dirancang oleh perusahaan Israel Rafael Advanced Defense Systems.

Rudal Spike sendiri memiliki beberapa varian mulai dari Spike SR, hingga yang terbaru Spike NLOS "Non Line Of Sight". Varian terbaru inilah yang dinilai paling berbahaya, dan menjadi senjata andalan Israel sampai saat ini.

Pengembangan Spike NLOS sebenarnya telah dimulai pada pertengahan tahun 1970an, dimana pada masa itu sempat terjadi Perang Yom Kippur.

Dapat diduga bahwa mereka menganggap serius pengalaman ini, karena Israel kala itu terbilang mengalami kerugian besar sebab tiadanya rudal mumpuni yang dapat digunakan.

Spesifikasi
Spesifikasi Rudal Naval Spike NLOS yang Dipakai AL Israel Menyerang Hamas

Spike NLOS adalah sistem Rudal Terpadu Anti-Tank (ATGM) jarak jauh yang digunakan oleh berbagai platform peluncuran, termasuk helikopter, penghancur tank, kendaraan ringan, dan bahkan kapal.

Kemampuannya yang dapat digunakan di laut dan di darat ini membuat penggunaannya lebih fleksibel ketimbang pendahulunya. Berikut ini spesifikasi dimensi dari Rudal Naval Spike NLOS milik Israel yang dilansir dari laman military today.

Panjang : 1,67 meter
Diameter : 0,17 meter
Berat : 71 kilogram

Senjata mematikan ini diketahui mampu meluncur hingga jarak 32 km. Namun untuk kecepatannya masih belum diketahui secara pasti. Spike NLOS diluncurkan dari peluncur kotak logam persegi panjang. Senjata ini dipandu oleh kamera, dan terhubung ke platform peluncuran melalui kabel serat optik.

Spesifikasi Rudal Naval Spike NLOS yang Dipakai AL Israel Menyerang Hamas

Jika rudal diterbangkan ke jarak yang cukup jauh, maka senjata ini dapat dikendalikan melalui perintah radio. Meskipun hal ini akan membuat Spike NLOS rentan terhadap gangguan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1553 seconds (0.1#10.140)