Apakah Fairing Radikal Baru Ducati di Brno Salahi Aturan MotoGP?

Minggu, 06 Agustus 2017 - 02:00 WIB
Apakah Fairing Radikal Baru Ducati di Brno Salahi Aturan MotoGP?
Apakah Fairing Radikal Baru Ducati di Brno Salahi Aturan MotoGP?
A A A
BRNO - Apakah Anda sebagai fans MotoGP masih penasaran dengan desain fairing baru radikal pada Ducati Desmosedici GP17 di MotoGP Brno 2017 Republik Ceko? Motorsport.com telah mendapatkan informasi, fairing baru radikal Ducati – yang dipakai Jorge Lorenzo saat latihan kedua di Brno – hanya bagian dari desain homologasi.

Ya, regulasi MotoGP saat ini membatasi evolusi aerodinamika, menunjukkan dimensi maksimum dan minimum untuk fairing generasi baru yang menggantikan winglet.

Namun, berdasarkan interpretasi Ducati terhadap regulasi, tidak disebutkan apakah fairing harus diciptakan dari satu elemen saja.

Ini adalah sesuatu yang kita lihat di motor duo Yamaha: Valentino Rossi dan Maverick Vinales, menggunakan elemen berbeda di dalam bodywork eksternal, tergantung sirkuitnya.
Jorge Lorenzo tampak memacu Ducati Desmosedici GP17 dengan bentuk fairing-winglet baru di MotoGP Brno 2017. (Foto-MotoGP) 2
Akan tetapi, Motorsport.com mendapatkan informasi, bahwa fairing yang dipakai Lorenzo hanya merupakan bagian dari desain lengkap yang diajukan untuk homologasi oleh pabrikan Italia itu pada Kamis (3/8) siang di Brno.

Ducati berencana mencoba versi lengkap di beberapa titik pada Sabtu (5/8), disinyalir selama sesi latihan bebas 3, jika kondisi trek memungkinkan.

Meski desainnya radikal, Lorenzo menyambut baik fairing aerodinamika anyar Ducati yang dianggapnya meningkatkan potensi motor. Ia bahkan tertarik kembali memakainya, untuk mendapatkan kepercayaan lebih pada front-end.

Di satu sisi, Andrea Dovizioso tidak yakin apakah akan mencoba desain fairing anyar sepanjang akhir pekan di Brno atau seri berikutnya di Red Bull Ring.
Danilo Petrucci tampak memacu Ducati Desmosedici GP17 dengan bentuk fairing-winglet baru di MotoGP Brno 2017. (Foto-MotoGP)
Adapun Danilo Petrucci (Pramac Racing) terlihat mencoba versi lengkap dari fairing baru Ducati saat latihan bebas MotoGP Brno 2017, Sabtu (5/8). Sekilas, desainnya memiliki seperangkat elemen tambahan dibandingkan versi yang digunakan Lorenzo pada Jumat (4/8).
(sbn)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5572 seconds (0.1#10.140)