Para-Atletik Target Bawa Pulang 4 Medali Emas dari Asian Para Games 2022

Kamis, 19 Oktober 2023 - 01:22 WIB
loading...
Para-Atletik Target Bawa Pulang 4 Medali Emas dari Asian Para Games 2022
Jelang Asian Para Games 2022 yang berlangsung di Huangzhou, China, tim para-atletik Indonesia mematok target tinggi dengan membawa pulang 4 medali emas. / Foto: NPC Indonesia
A A A
HANGZHOU - Tim para-atletik Indonesia tidak lama lagi berlaga di Asian Para Games 2022 . Jelang ajang yang berlangsung di Huangzhou, China tersebut, mereka mematok target tinggi dengan membawa pulang 4 medali emas.

Skuad para-atletik akan mulai bertanding pada 23 Oktober 2023. Saat ini, masih melakukan adaptasi, pengondisian, dan juga latihan di Huanglong Sports Centre Stadium.

Kepala pelatih para-atletik, Slamet Widodo menyampaikan bahwa semua atlet kini sudah siap 100 persen menghadapi AiPG Hangzhou 2022. Saat ini, latihan difokuskan untuk menjaga performa serta menumbuhkan motivasi dan semangat para atlet menjelang perlombaan.



"Alhamdulillah, tim para-atletik Indonesia dalam keadaan sehat. Latihan hari ini untuk mencoba lintasan dan venue sekaligus matangkan orientasi. Kita dijadwalkan latihan setiap pagi dan akan memaksimalkan kesempatan itu untuk mematangkan performa atlet," jelas Slamet usai latihan, Rabu (18/10/2023).

"Evaluasi kita sama saja seperti latihan biasa, tetapi ketika sudah mendekati suasana perlombaan seperti ini, kita harus tingkatkan mental, motivasi dan semangat atlet. Untuk teknik dan fisik sudah dipersiapkan matang sejak di Solo," lanjut dia.

Tim para-atletik Indonesia ditargetkan membawa pulang 4 medali emas, 5 medali perak dan 4 medali perunggu. Dua medali emas diharapkan mampu direbut Saptoyogo Purnomo di nomor lari 100m putra T37 dan 200m putra T37.



Satu medali emas lagi diharapkan datang dari Karisma Evi Tiarani yang berlaga di nomor 100m putri T63. Kemudian, medali emas lainnya ditargetkan kepada Suparni Yati yang akan berlaga di tolak peluru putri F20.

Target tersebut, menurut Slamet, merupakan hasil analisis dari pelatih atas catatan prestasi para atlet dalam sejumlah kejuaraan maupun kualifikasi yang telah diikuti selama ini.



"Berdasarkan catatan prestasi dan capaian, kita membandingkan dengan pencapaian dari pesaing negara lain, dengan melihat ranking di website maupun kejuaraan internasional. Para-atletik merupakan olahraga yang terukur sehingga kita bisa melihat catatan prestasi lawan kemudian dianalisis sehingga muncul target yang ditetapkan kepada atlet tersebut," terang Slamet.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2024 seconds (0.1#10.140)