Sejarah Pertama Balap Ketahanan di Mandalika, Yamaha Endurance Festival Digelar Akhir Pekan Ini

Kamis, 19 Oktober 2023 - 23:59 WIB
loading...
Sejarah Pertama Balap Ketahanan di Mandalika, Yamaha Endurance Festival Digelar Akhir Pekan Ini
Balap ketahanan Yamaha Endurance Festival hadir di Mandalika International Circuit, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), 21-22 Oktober 2023 / Foto: Yamaha
A A A
Balap ketahanan Yamaha Endurance Festival hadir di Mandalika International Circuit, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), 21-22 Oktober 2023. Ini pertama kalinya ajang balap yang mengadopsi Le Mans ini digelar di lintasan sepanjang 4,3km.

Sebelumnya PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) selalu menggelar balap ketahanan bertajuk Yamaha Endurance Festival di Sirkuit Internasional Sentul, Bogor, Jawa Barat. "Gelaran One Make Race Yamaha di Mandalika masih berlanjut. Di bulan Oktober ini kami menghadirkan Shell bLU cRU Yamaha Endurance Festival, merupakan sejarah pertama kalinya balapan ketahanan diadakan di sirkuit Mandalika. Berbagai kelas yang dikompetisikan akan menampilkan persaingan yang ketat di sirkuit, dengan menggunakan line up unggulan Yamaha R Series," ungkap Frengky Rusli selaku Assistant General Manager CS Division PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) dalam keterangan persnya, Kamis (19/10/2023).

"Selain itu juga ada exhibition yang menyajikan beragam aktivitas bagi masyarakat. Karena itu kami mengajak para pecinta bLU cRU untuk datang menyaksikan langsung keseruan Shell bLU cRU Yamaha Endurance Festival. Yamaha Extremely Max, Yamaha Semakin Di Depan Full Gaspoll !"

Kelas-kelas yang akan dikompetisikan dalam Shell bLU cRU Yamaha Endurance Festival 2023 Mandalika, mulai kelas R6 Community, kemudian R25 Pro Rider, R25 Community, R15 Community, R15 Media dan kelas baru R1 Community. Para pembalap akan mengendarai motor Yamaha YZF-R25 ataupun YZF-R15 untuk durasi balap ketahanan selama 2 jam pada masing-masing kelas tersebut.

Sedangkan kelas R1 Community balapan 1 jam. Set-up motor ikut menyesuaikan karena memang diperuntukkan untuk endurance. Adapun beberapa tim balap profesional yang siap ambil bagian adalah Yamaha RSS Cargloss IRC, Yamaha BAF Akai Jaya, Yamaha Ziear ARL The Strokes55, Yamaha HDS Racing dan lain-lain. Bahkan ada tim yang menurunkan dua pasangan pembalap.

Nama-nama rider terbaik nasional yang turun di antaranya Galang Hendra Pratama, Aldi Satya Mahendra, Rey Ratukore, Eric Saputra, Wahyu Nugroho, Anggi Setiawan, Joshua Mbeo, Felix PM dan lain-lain.

Untuk rekan-rekan komunitas yang terlibat diantaranya adalah YROI, YARRCI, ROCK, Cornering Indonesia, dan juga komunitas lain yang dinaungi oleh YRFI (Yamaha Riders Federation Indonesia).

Tentu saja, stamina fisik, juga timing filling dan saat rider change menjadi hal signifikan yang harus diperhatikan serius. Masing-masing tim memiliki strategi sehubungan kapan berlangsungnya pit in dalam range waktu 1 menit 30 detik.
(yov)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4139 seconds (0.1#10.140)