Shin Tae-yong Bandingkan Timnas Indonesia dengan Korea Selatan di Babak Kualifikasi Piala Dunia

Jum'at, 20 Oktober 2023 - 04:04 WIB
loading...
Shin Tae-yong Bandingkan Timnas Indonesia dengan Korea Selatan di Babak Kualifikasi Piala Dunia
Shin Tae-yong Bandingkan Timnas Indonesia dengan Korea Selatan di Babak Kualifikasi Piala Dunia. Foto: Antara
A A A
JAKARTA - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong , mengakui bahwa dia merasa lebih tenang dalam menangani Timnas Indonesia daripada saat melatih Korea Selatan. Dia mengenang bagaimana perasaannya yang tegang saat memimpin Korea Selatan dalam kualifikasi Piala Dunia 2018.

Shin Tae-yong ditunjuk sebagai pelatih Timnas Korea Selatan pada Juli 2017 dengan tugas membangkitkan tim nasional yang tengah berjuang setelah hasil yang kurang memuaskan pada Piala Dunia 2014 dan Piala Asia 2015. Saat memimpin Korea Selatan menuju Piala Dunia 2018 di Rusia, Shin Tae-yong merasa tegang karena hasilnya akan menentukan apakah Korea Selatan bisa lolos atau tidak.



Shin Tae-yong mencatat momen kemenangan sensasional Korea Selatan atas Jerman dalam fase grup Piala Dunia 2018, tetapi sayangnya itu tidak cukup untuk meloloskan tim ke babak gugur. Hal ini mengecewakan para penggemar sepak bola Korea Selatan.

“Saya merasa lebih tegang (bersama Timnas Korea Selatan), karena itu menentukan apakah Korea Selatan melaju ke Piala Dunia atau tidak,” kata Shin Tae-yong.

Namun, setelah bergabung dengan Timnas Indonesia, Shin Tae-yong merasa lebih tenang dalam persiapan dan pelatihan. Dia merasa lebih nyaman karena telah lama berada di Indonesia dan mendapatkan dukungan dari publik.

“Tapi bersama Timnas Indonesia, saya lebih tenang mempersiapkan semuanya. Apalagi saya cukup lama berada di sini,” ucapnya.

Shin Tae-yong telah memberikan kontribusi besar bagi Timnas Indonesia, membawa tiga kelompok usia muda ke Piala Asia dan mengantar Timnas Indonesia ke babak ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 setelah mengalahkan Brunei Darussalam dengan agregat 12-0.

Timnas Indonesia akan menghadapi Irak, Filipina, dan Vietnam dalam putaran kedua kualifikasi Piala Dunia. Shin Tae-yong mengharapkan dukungan penuh dari suporter dan percaya bahwa kehadiran penonton di stadion memiliki peran penting dalam memotivasi timnya.

Selain fokus pada kualifikasi Piala Dunia, Shin Tae-yong juga memberikan perhatian khusus kepada pengembangan sepak bola di Indonesia dan berupaya memajukan tim nasional.
(sto)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1524 seconds (0.1#10.140)