5 Fakta Rizky Ridho, Bek Muda Timnas Indonesia yang Layak Bermain di Klub Luar Negeri

Jum'at, 20 Oktober 2023 - 14:44 WIB
loading...
5 Fakta Rizky Ridho, Bek Muda Timnas Indonesia yang Layak Bermain di Klub Luar Negeri
5 Fakta Rizky Ridho, Bek Muda Timnas Indonesia yang Layak Bermain di Klub Luar Negeri
A A A
JAKARTA - Rizky Ridho telah tampil sangat mengesankan bersama Timnas Indonesia , termasuk mencetak satu gol dalam leg 2 babak awal Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia melawan Brunei Darussalam. Meskipun baru berusia sekitar 21 tahun, Rizky Ridho sudah menjadi salah satu pemain kunci timnas Indonesia, bahkan di level senior.

Berikut adalah beberapa fakta menarik tentang Rizky Ridho:

1. Jebolan Elite Pro Academy

Rizky Ridho lahir di Surabaya pada tanggal 24 Juni 2001. Sebelum dikenal sebagai salah satu pemain penting timnas Indonesia, ia merupakan produk dari Elite Pro Academy (EPA), sebuah kompetisi sepak bola usia muda yang dikelola oleh PSSI. Selama bermain di EPA, ia pernah menjadi bagian dari tim Persebaya U-20. Keberhasilan Ridho bersama Persebaya U-20 pada tahun 2019 membawanya meraih gelar juara di Elite Pro Academy U-20. Penampilannya yang menjanjikan di sana membawanya mendapatkan panggilan untuk bergabung dengan timnas U-19.

2. Pengalaman Memperkuat Tim Senior di Usia Muda

Pada tahun 2020, Rizky Ridho dipromosikan ke tim utama Persebaya Surabaya. Dia membuat debutnya bersama tim utama tersebut pada pekan ketiga Liga 1 2020 dalam pertandingan melawan Persipura Jayapura. Dalam pertandingan tersebut, Ridho bermain di lini pertahanan bersama Hansamu Yama. Meskipun pertandingan debutnya berakhir dengan kekalahan 3-4, Ridho terus berkembang sebagai pemain andalan di lini pertahanan Persebaya. Beberapa musim kemudian, ia bergabung dengan Persija Jakarta pada tahun 2023.

3. Awalnya Bermain Sebagai Striker

Meskipun kini dikenal sebagai bek yang kokoh, Rizky Ridho awalnya bermain sebagai striker. Awal karir sepak bola Ridho dimulai dengan bermain di jalanan, dan kemudian ia bergabung dengan sebuah Sekolah Sepak Bola (SSB) di Surabaya. Posisi striker awalnya tidak sesuai baginya, karena ia sering terjebak dalam offside. Akibatnya, pelatihnya merekomendasikan perubahan posisi menjadi seorang bek, yang kemudian menjadi keputusan yang tepat.

4. Berpengalaman di Timnas

Selama kariernya di dunia sepak bola, Rizky Ridho telah mengumpulkan banyak caps (penampilan) dengan timnas Indonesia. Prestasinya tidak hanya di timnas senior, tetapi juga di berbagai tingkatan umur seperti U-19, U-22, dan U-23. Ia pertama kali mendapat panggilan untuk timnas Indonesia U-19, dan segera setelah itu dia dipanggil untuk tingkatan umur yang lebih tinggi, termasuk timnas senior. Meskipun timnas senior memiliki penggawa naturalisasi, Ridho masih menjadi bagian penting dari timnas Indonesia.

5. Potensial Bermain di Luar Negeri

Pada tahun 2023, Rizki Ridho akan berusia 22 tahun. Meskipun masih muda, kualitasnya telah diuji dan terbukti. Ia tidak hanya kokoh sebagai bek, tetapi juga memiliki kemampuan yang baik dalam serangan. Ia sering membantu dalam membangun serangan dan bahkan mencetak gol secara mengejutkan, seperti yang terjadi dalam pertandingan timnas Indonesia melawan Brunei. Dalam pertandingan tersebut, ia mencetak gol dengan tendangan, meskipun biasanya seorang bek mencetak gol melalui sundulan. Dengan berbagai kelebihan yang dimilikinya, tidak mengherankan jika Rizky Ridho akan memiliki potensi berkarier di luar negeri. Namun, saat ini ia masih bermain untuk Persija Jakarta di Liga 1 Indonesia.

Itulah beberapa fakta menarik tentang Rizky Ridho, seorang bek muda yang memiliki potensi besar dan pantas untuk bermain di klub luar negeri.
(sto)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3020 seconds (0.1#10.140)