Pesepeda Mantan Juara Olimpiade Tersandung Kasus Doping

Jum'at, 18 Agustus 2017 - 00:01 WIB
Pesepeda Mantan Juara Olimpiade Tersandung Kasus Doping
Pesepeda Mantan Juara Olimpiade Tersandung Kasus Doping
A A A
PARIS - Mantan juara Olimpiade asal Spanyol, Samuel Sanchez, diskors karena terbukti mengonsumsi zat terlarang. Samuel yang meraih medali emas Olimpiade Beijing 2008 dari cabang balap sepeda positif menggunakan obat pertumbuah hormon.

Uni Sepeda Internasional (UCI) mengatakan dalam sebuah pernyataan di situs resmi mereka, sampel yang diambil pada Sanchez mengandung unsur pralmorelin. Dalam aturan WADA yang terbit awal tahun 2017, zat penumbuh hormon tersebut masuk kategori terlarang.

"Pembalap berhak meminta dan mengikuti analisis sampel B. Sesuai dengan aturan badan anti-doping, sang pembalap akan ditangguhkan dalam berbagai ajang hingga putusan diambil," demikian pernyataan resmi UCI, Kamis (17/8/2017).

Menyusul laporan tersebut, Sanchez dipastikan absen pada perlombaan yang berlangsung di Vuelta, Prancis, akhir pekan ini. Tim balap BMC Racing yang menaungi Sanchez megonfirmasi hal itu dengan menunjuk Loic Vliegen sebagai pembalap pengganti.

Sekadar informasi, Sanchez bukan atlet pertama yang tersandung kasus doping. Petenis Maria Sharapova pada awal tahun lalu juga mengalami hal serupa hingga absen dari lapangan selama 15 bulan.
(nug)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.7335 seconds (0.1#10.140)