Indonesia Bakal Ambil Sikap, Menpora Malaysia Minta Maaf

Minggu, 20 Agustus 2017 - 08:01 WIB
Indonesia Bakal Ambil Sikap, Menpora Malaysia Minta Maaf
Indonesia Bakal Ambil Sikap, Menpora Malaysia Minta Maaf
A A A
KUALA LUMPUR - Menpora Imam Nahrawi mengaku kaget melihat gambar bendera Indonesia terbalik pada buku panduan yang diterima selama menghadiri acara pembukaan SEA Games 2017 di Stadion Nasional Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Malaysia, Sabtu (19/8) malam. Pemerintah Indonesia akan mengajukan protes kepada Panitia Penyelenggara SEA Games (MASOC) sehubungan dengan bentuk bendera Indonesia yang terpampang di buku panduan SEA Games XXIX.

Pada Majalah yang dimasukkan dalam goodiebag souvenir pembukaan SEA Games XXiX di halaman 80 terpampang bendera dalam bentuk kotak tanda panah berwarna Putih Merah. "Saya kaget setelah melihat bendera Indonesia dalam posisi terbalik di buku panduan SEA Games XXIX," sesal Imam Nahrawi seperti dikutip dari laman resmi Kemenpora, Minggu (20/8/2017).

Pria berkumis tipis itu selanjutnya akan berkoordinasi dengan Menko PMK, Puan Maharani untuk menentukan langkah selanjutnya. Adapun Menpora Malaysia, Khairy Jamaluddin menyampaikan permintaan maaf kepada masyarakat Indonesia atas kesalahan bendera Indonesia dalam sebuah buku panduan SEA Games 2017.
Indonesia Bakal Ambil Sikap, Menpora Malaysia Minta Maaf

Khairy mengatakan bahwa kesalahan itu semata-mata tidak disengaja. "Mohon terima permintaan maaf saya yang tulus untuk ini. Tidak ada kebencian. Saya sangat menyesalkan bahwa kesalahan ini terjadi. Saya mohon maaf."

Sementara itu, Panitia Pelaksana SEA Games Malaysia (MASOC), dalam sebuah pernyataan, meminta maaf kepada masyarakat Indonesia atas kesalahan yang tidak disengaja tersebut. Dikatakan Khairy, ketua MASOC juga, akan memanggil Imam Nahrawi pada hari ini untuk menyampaikan permintaan maaf pribadi atas nama komite tersebut.

"Kami benar-benar menyesali kesalahan ini dan kami berharap hubungan erat kedua negara akan semakin meningkat dalam semangat SEA Games."

Baca Juga:
Bendera Indonesia Terbalik di SEA Games ke-29 di Malaysia
Insiden Bendera Indonesia Terbalik, Malaysia Minta Maaf
(sha)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4083 seconds (0.1#10.140)