Detik-detik Menpora Dibuat Kaget

Minggu, 20 Agustus 2017 - 08:34 WIB
Detik-detik Menpora Dibuat Kaget
Detik-detik Menpora Dibuat Kaget
A A A
KUALA LUMPUR - Menpora Imam Nahrawi mengakui persoalan mengenai kesalahan posisi bendera terbalik pada buku spesial souvenir yang diterimanya saat menghadiri pembukaan SEA Games 2017 di Stadion Nasional, Bukit Jalil, Malaysia, Sabtu (19/8/2017), adalah kesalahan fatal. Karena insiden ini terjadi di tengah peristiwa bersejarah di kawasan Asia Tenggara.

Pada Majalah yang dimasukkan dalam goodiebag souvenir pembukaan SEA Games XXiX di halaman 80 terpampang bendera dalam bentuk kotak tanda panah berwarna Putih Merah. Sejauh ini Menpora Malaysia Khairy Jamaluddin sudah menyatakan permintaan maafnya atas kejadian tersebut.

Khairy dijadwalkan akan bertemu Imam pada Minggu (20/8/2017), untuk menyampaikan permintaan maaf secara langsung. (Baca juga: Indonesia Bakal Ambil Sikap, Menpora Malaysia Minta Maaf )
Detik-detik Menpora Dibuat Kaget

Berikut kronologis kejadian seperti dikutip dari laman resmi Kemenpora


1. Saya mengikuti prosesi upacara pembukaan SEA Games 2017, dan duduk di barisan tamu dan undangan, menerima spesial souvenir yang didalamnya terdapat buku spesial souvenir, dan beberapa merchandise dari panitia pelaksana.

2. Di tengah-tengah berlangsungnya kemeriahan acara pembukaan SEA Games 2017, ada kejadian yang membuat terkejut saat menemukan Majalah Panduan yang mencantumkan Bendera Indonesia dalam keadaan terbalik yang memuat informasi negara-negara yang pernah menjadi tuan rumah SEA Games.

3. Saya menyesali peristiwa yang terjadi di tengah-tengah peristiwa yang sangat bersejarah di kawasan Asia Tenggara ini. Pesta olahraga bangsa-bangsa yang mengusung semangat persaudaraan dan persahabatan.

4. Saya tidak mengetahui apakah ini faktor kesengajaan atau tidak, namun saya yakin tamu-tamu dan undangan negara lain juga telah melihatnya. Saya belum mendengar informasi apakah buku ini akan dicabut atau direvisi dan sebagainya. Namun bagi saya persoalan pencantuman terbaliknya bendera ini menyangkut harkat dan martabat bangsa.

5. Bendera Merah Putih sangat mudah warnanya dibandingkan dengan bendera negara lain yang lebih rumit. Sementara negara lain yang benderanya lebih rumit tidak terbalik dalam penempatannya.
Detik-detik Menpora Dibuat Kaget
(sha)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7058 seconds (0.1#10.140)