Siapa Chow Yun Damanik, Pemain Swiss Keturunan Batak di Skuad Timnas Indonesia U-17

Minggu, 22 Oktober 2023 - 21:39 WIB
loading...
Siapa Chow Yun Damanik, Pemain Swiss Keturunan Batak di Skuad Timnas Indonesia U-17
Siapa Chow Yun Damanik, Pemain Swiss Keturunan Batak di Skuad Timnas Indonesia U-17
A A A
JAKARTA - Pemain diaspora Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-17, Chow Yun Damanik, merasa sangat bahagia atas panggilan yang diterimanya untuk bergabung dengan Timnas Indonesia U-17 dalam pemusatan latihan (TC) di Jerman. Ia bercerita bahwa kedua orang penting dalam hidupnya, ibu dan nenek, sampai menangis ketika mereka mengetahui bahwa ia mendapat kesempatan ini.

Chow Yun, yang berusia 16 tahun, merupakan salah satu pemain keturunan yang bergabung dalam TC Timnas Indonesia U-17 di Jerman. Selama pemusatan latihan, dia memberikan penampilan terbaiknya dan bahkan mencetak satu gol dalam pertandingan uji coba melawan FC Koln.



Prestasi dan kesempatan ini sangat membanggakan keluarga Chow Yun. Ibu dan neneknya bahkan terharu hingga menangis ketika mereka mengetahui berita ini. Terdapat kebanggaan tersendiri karena Chow Yun memiliki darah Indonesia dari ibunya yang berasal dari keturunan Batak.

Chow Yun menyatakan rasa bangganya bisa mengenakan seragam dengan lambang garuda di dada, dan ia berharap bisa terpilih untuk menjadi bagian dari Timnas Indonesia U-17 dalam Piala Dunia U-17 tahun 2023.

Sebagai informasi, Timnas Indonesia U-17 akan berkompetisi di Grup A Piala Dunia U-17 bersama Ekuador, Maroko, dan Panama. Mereka akan bertanding di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, dengan laga pertama melawan Ekuador pada 10 November 2023, diikuti pertandingan melawan Panama (13/11) dan Maroko (16/11). Setelah TC di Jerman, tim dijadwalkan tiba di Jakarta pada 24 Oktober 2023.

Profil Chow Yun Damanik

Chow Yun Damanik, seorang pemain muda keturunan Indonesia yang bermain di Swiss, lahir di Lausanne pada 24 Agustus 2007. Darah Indonesia mengalir dalam dirinya melalui ibunya, yang berasal dari Medan, Sumatera Utara. Meskipun ibunya sebelumnya memiliki paspor Indonesia, setelah pindah ke Swiss untuk suaminya, ia mengganti kewarganegaraan menjadi Swiss. Chow Yun Damanik saat ini memiliki paspor Swiss tunggal, dan untuk mewakili Timnas Indonesia U-17 di Piala Dunia U-17 2023, ia perlu menjalani proses naturalisasi.

Pemain yang berposisi sebagai gelandang, tercatat bermain untuk FC Lausanne-Sport U-17, akademi dari klub FC Lausanne-Sport yang bermain di liga teratas Swiss. Dengan darah Indonesia dalam dirinya, Chow Yun Damanik diharapkan menjadi salah satu pemain diaspora yang dapat membantu Timnas Indonesia U-17 dalam Piala Dunia U-17 2023 mendatang. Kiprahnya di klub Swiss membuatnya menjadi pilihan yang potensial untuk sektor lini tengah Timnas Indonesia U-17 di turnamen tersebut.
(sto)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1492 seconds (0.1#10.140)