Jelang Asian Games 2018, Palembang Siapkan Bus Air

Senin, 28 Agustus 2017 - 11:37 WIB
Jelang Asian Games 2018, Palembang Siapkan Bus Air
Jelang Asian Games 2018, Palembang Siapkan Bus Air
A A A
PALEMBANG - Palembang yang ditunjuk bersama Jakarta sebagai tuan rumah Asian Games 2018 telah menyiapkan seluruh infrastruktur. Salah satu sarana yang akan disiapkan adala bus air.

umsel yang dikenal dengan Jembatan Ampera dan Sungai Musi memiliki sejumlah destinasi wisata di sepanjang aliran sungai itu. Selain itu, Sungai Musi telah menjadi bagian tak terpisahkan sehingga banyak aktivitas di sungai tersebut.

Karena itu, Pemkot Palembang kembali merencanakan lebih menghidupkan transportasi air dengan pengadaan bus air. Hal itu telah dimintakan langsung kepada Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. "Masyarakat banyak beraktivitas tidak jauh dari Sungai Musi. Ini juga guna mendukung LRT dan lainnya," ujar Wali Kota Palembang Harnojoyo, Minggu (27/8/2017).

Menurut Harnojoyo, sebelumnya pernah dihidupkan bus air dengan beberapa rute namun menjelang Asian Games nanti akan kembali diaktifkan. "Dengan adanya bus air, nanti masyarakat pengunjung dan para atlet dapat mengunjungi wisata air di sepanjang sungai," katanya.

Bus air akan terkoneksi dengan transportasi lain, seperti LRT, Transmusi, dan lainnya. Karena itu akan dibangun sejumlah dermaga penghubung. Sementara Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat menjadi pembicara diskusi di Universitas Sriwijaya (Unsri) mengatakan, akan membantu pengadaan bus air untuk menghidupkan transportasi di Sungai Musi.

"Kami akan membantu lima bus air untuk Palembang dan membangun halte intermoda untuk menunjang Asian Games,"ujarnya. Keberadaan bus air dan halte intermoda sangat membantu ofisial dan atlet dalam transportasi selama pelaksanaan Asian Games.

Selain itu, keberadaannya memberikan banyak keuntungan dengan transportasi modern yang akan menunjang perekonomian. Kota Palembang menyimpan sejarah panjang dengan Sungai Musi.

Sejak zaman Kerajaan Sriwijaya, Sungai Musi telah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat sehingga banyak peninggalan sejarah yang kini menjadi objek wisata. Terbaru, juga dibangun dan menjadi ikon baru, yakni Tugu Ikan Belido di pelataran BKB. Gubernur Sumsel mengharapkan tugu tersebut diresmikan. (Berli Zulkanedi)
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9544 seconds (0.1#10.140)