3 Alasan Cristiano Ronaldo Tidak Masuk Nominasi Ballon d'Or 2023, Salah Satunya karena Sistem

Kamis, 26 Oktober 2023 - 10:02 WIB
loading...
3 Alasan Cristiano Ronaldo Tidak Masuk Nominasi Ballon dOr 2023, Salah Satunya karena Sistem
3 Alasan Cristiano Ronaldo Tidak Masuk Nominasi Ballon dOr 2023, Salah Satunya karena Sistem
A A A
JAKARTA - Ballon d'Or 2023 secara resmi telah mengumumkan 30 nama pesepakbola yang masuk nominasi, hal yang mengejutkan terjadi ketika sosok mega bintang sepak bola Cristiano Ronaldo tidak termasuk dalam nominasi tersebut.

Ballon d'Or telah lama dianggap sebagai penghargaan individu paling prestisius bagi para pesepakbola. Selama beberapa dekade terakhir, penghargaan ini seolah-olah hanya diperebutkan antara Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi.



Namun, dalam beberapa tahun terakhir, dua nama pesepakbola terbaik yang masih aktif di lapangan sepak bola tersebut tidak lagi menjadi favorit. Meski begitu, nama mereka selalu muncul dalam nominasi Ballon d'Or.

Namun, pada tahun ini, untuk pertama kalinya dalam dua dekade, nama Cristiano Ronaldo tidak masuk dalam daftar pesepakbola berprestasi itu.

Jika kita melihat dari segi performa, CR7 selalu tampil impresif dengan torehan gol-golnya bersama Al Nassr di Liga Arab. Namun, mengapa ia tidak masuk dalam nominasi Ballon d'Or 2023? Ternyata ada tiga alasan mengapa bintang asal Portugal tersebut gagal mendapat nominasi.

3 Alasan Cristiano Ronaldo Tidak Masuk Nominasi Ballon d'Or 2023

1. Sistem Penilaian Ballon d'Or


Sistem penilaian Ballon d'Or hanya mempertimbangkan performa pemain dalam satu musim sepak bola dan tidak berdasar pada tahun kalender. Oleh karena itu, penilaian Ballon d'Or 2023 didasarkan pada performa pemain selama musim 2022/2023, bukan hanya pada tahun 2023 itu sendiri. Sistem ini telah berlaku sejak tahun 2002 setelah France Football memodifikasi aturan Ballon d'Or.

2. Jarang Bermain di Manchester United


Sistem penilaian Ballon d'Or yang masih mempertimbangkan penampilan pemain pada tahun 2022 adalah salah satu alasan mengapa CR7 tidak masuk dalam nominasi. Pada tahun tersebut, ia masih bermain untuk Manchester United di bawah manajemen Erik ten Hag. Sayangnya, selama musim itu, yang seharusnya menjadi kesempatan emas, pemain lima kali pemenang Ballon d'Or ini justru jarang mendapatkan waktu bermain akibat perselisihan dengan pelatih. Hal ini membuat penampilannya di tahun 2022 terkesan negatif.

3. Bergabung dengan Al Nassr di Awal Tahun 2023


Cristiano Ronaldo baru bergabung dengan Al Nassr pada awal tahun 2023, tepatnya pada bulan Januari. Meskipun tampil impresif di Liga Arab, hal ini tidak dapat mengubah penilaian terhadap performanya di tahun 2022.

Inilah sebabnya mengapa Cristiano Ronaldo, yang biasanya selalu masuk dalam nominasi Ballon d'Or, harus absen pada tahun ini. Namun, jika ia dapat terus tampil konsisten bersama Al Nassr hingga musim depan, bukan tidak mungkin namanya akan muncul dalam daftar nominasi Ballon d'Or 2024.
(sto)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1258 seconds (0.1#10.140)