Hadirkan Suara John Lennon, The Beatles Gunakan AI Luncurkan Lagu Baru

Jum'at, 27 Oktober 2023 - 21:22 WIB
loading...
Hadirkan Suara John Lennon, The Beatles Gunakan AI Luncurkan Lagu Baru
The Beatles
A A A
LONDON - The Beatles akan merilis lagu final mereka, Now and Then, pada bulan November. Band Inggris legendaris itu merilis lagu terakhir mereka lebih dari 50 tahun setelah bubar.

Lagu itu, berjudul Now and Then, awalnya ditulis oleh John Lennon pada tahun 1970, segera setelah band bubar. Lagu itu kemudian selesai pada tahun 2022 oleh dua anggota band yang masih hidup, Ringo Starr dan Paul McCartney.



Awal tahun ini, Paul mengisyaratkan rilis baru, yang menyatakan bahwa teknologi kecerdasan buatan (AI) digunakan untuk melepaskan suara John Lennon dari kaset.

eknologi AI yang digunakan dalam pembuatan lagu ini disebut "pemisahan sumber". Teknik ini memungkinkan untuk mengekstrak suara dari rekaman, mengisolasinya sehingga dapat diiringi dengan instrumentasi yang baru.

Lagu ini akan dirilis pada 2 November. Ini juga akan ditampilkan pada versi yang baru di -remaster dari album merah dan biru The Beatles, yang akan jatuh pada 10 November. Kedua volume tersebut akan menampilkan lagu-lagu ikonik seperti The Long and Winding Road dan Love Me Do.

"Itu dia, suara John, Crystal Clear," kata Paul dalam siaran pers seperti dilansir dari The Independent, Jumat (27/10/2023).

"Cukup emosional. Dan kita semua memainkannya, itu rekaman asli Beatles. Tahun 2023 masih menggarap musik Beatles, dan akan merilis lagu baru yang belum didengar publik, menurutku itu hal yang menarik."

"Itu yang paling dekat kita akan datang untuk membawanya kembali ke kamar sehingga sangat emosional bagi kita semua," tambah Ringo. "Sepertinya John ada di sana, lho. Jauh sekali."

Sebuah film dokumenter pendek, berjudul Now and Then - The Last Beatles Song, akan tayang perdana pada 1 November, dan video musik untuk saat ini dan kemudian akan mengikuti pada 3 November.

Teknologi AI ini juga digunakan dalam pembuatan film dokumenter The Beatles: Get Back, yang dirilis pada tahun 2021.

Film tersebut menggunakan rekaman arsip dari tahun 1969 untuk menunjukkan proses kreatif The Beatles dalam pembuatan album Let It Be.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.3069 seconds (0.1#10.140)