alexa snippet

Pebasket NBA Latah Jualan Sepatu Seperti Michael Jordan

Pebasket NBA Latah Jualan Sepatu Seperti Michael Jordan
Beberapa pebasket NBA berbisnis sepatu. Imbasnya kocek mereka bertambah. Foto : Ist
A+ A-
PARA atlet NBA kerap bekerjasama dengan perusahaan sepatu untuk mendukung aktivitas dan bisnis mereka. Siapakah yang mampu menyaingi kontrak yang diperoleh Michael Jordan?

Michael Jordan: USD110 Juta (Nike)

Michael Jordan pertama kali bekerjasama dengan Nike pada 1984 dengan nilai kontrak USD25 juta. Kini nilai kontraknya dengan Nike mencapai USD110 juta seiring dengan makin berkembang pesatnya sub brand, Air Jordan. Nike mendapatkan keuntungan USD2,8 miliar dengan brand Air Jordan.

LeBron James: USD32  juta (Nike)

LeBron James dari klub NBA Cleveland Cavaliers mendapatkan kontrak yang sangat besar dengan Nike meski masih menyandang status rookie. Kini dia mendapatkan kontrak senilai USD32 juta dengan Nike meskipun saat ini penjualan sepatu LeBron James tidak terlalu baik buat Nike.

Kevin Durant: USD25 juta (Nike)

Kevin Durant memecahkan rekor yang dibuat oleh LeBron James sebagai rookie termahal yang pernah dikontrak Nike. Namun kali ini kontraknya dengan Nike justru di bawah LeBron James dengan nilai kontrak USD25 juta.

Kobe Bryant: USD16 juta (Nike)

Berbeda dengan pebasket lainnya, Kobe Bryant mendapatkan perlakuan yang sama seperti Michael Jordan dengan pengembangan produk bernama Mamba. Nilai kontraknya dengan Nike saat ini USD16 juta. Kontrak ini tergolong besar karena saat ini Kobe Bryant sudah tidak aktif lagi di basket dan NBA.

James Harden: USD14 juta (Adidas)

Adidas mencoba menggoyang dominasi Nike yang kuat di NBA dengan mengontrak James Harden. Pebasket dari Houston Rockets tersebut kini memiliki kontrak senilai USD14 juta dengan Adidas.

Stephen Curry: USD12 juta (Under Armour)

Setelah lepas dari Nike, Stephen Curry langsug digaet oleh Under Armour. Dia juga mendapatkan perlakuan istimewa dengan pengembangan sub-brand Under Armour, Curry. Sayangnya penjualan Curry baik itu Curry 2 dan Curry 3 saat ini justru tidak terlalu menguntungkan buat Under Armour. Padahal uang kontrak yang diberikan Under Armour ke Stephen Curry mencapai USD12 juta.

Derrick Rose: USD11 juta (Adidas)

Selain James Harden, Adidas mencoba menggaet Derrick Rose dengan nilai kontrak USD11 juta selama 13 tahun. Bagi Adidas, Derrick Rose jadi prospek yang menarik karena menjadi MVP pada 2011. Sayangnya setelah itu Derrick Rose justru kerap didekap cedera hingga membuat penjualan sepatunya malah menurun.

Damian Lillard: USD10 juta (Adidas)

Damian Lillard butuh dua tahun bermain basket di NBA untuk segera dikontrak Adidas. Dia mendapatkan nilai kontrak USD10 juta. Dia juga mendapatkan sub-brand baru bernama Dame.  Saat ini Dame sudah masuk ke edisi Dame 3.

Dwyane Wade: USD8 juta (Li-Ning)

Dwyane Wade keluar dari Nike pada 2012 dan secara mengejutkan menerima kontrak dari perusahaan sepatu asal China, Li-Ning. Nilai kontraknya dengan Li-Ning memang tidak besar hanya mencapai USD8 juta tapi dia mendapatkan hak istimewa di Li-Ning karena memilki saham dalam jumlah yang signifikan.

Kyrie Irving: USD8 juta (Nike)

Kyrie Irving menjalin kerjasama dengan Nike dengan nilai kontrak USD8 juta. Saat pertama kali menjual sepatu Nike pada 2014, sepatu yang dikenakan Kyrie Irving langsung ludes terjual dalam waktu tiga menit.Hanya LeBron James yang bisa menandingi kejutan yang dibuat Kyrie Irving.

Paul George: USD5,5 juta (Nike)

Paul George merupakan atlet golongan milenial yang diberikan kontrak oleh Nike. Nilai kontraknya mencapai USD5,5 juta tergolong luar biasa bagi anak-anal millennial. Sepatu PG1 yang dibuat untuk Paul George merupakan sepatu basket termurah Nike dengan harga hanya USD110 atau sekitar Rp1,4 juta. (

Russell Westbrook, Carmelo Anthony: USD5 juta (Jordan-Nike)

Russell Westbrook dan Carmelo Anthony adalah dua pebasket yang justru lebih memilih mendukung sepatu Air Jordan. Keduanya digaet oleh Air Jordan untuk mempromosikan sepatu Air Jordan dengan nilai kontrak masing-masing mencapai USD5 juta. (Wahyu Sibarani)
(bbk)
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top