Pemkab Hulu Sungai Utara Peringati Hari Sumpah Pemuda ke-95

Senin, 30 Oktober 2023 - 17:45 WIB
loading...
Pemkab Hulu Sungai Utara Peringati Hari Sumpah Pemuda ke-95
Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) Melaksanakan Upacara Hari Sumpah Pemuda ke-95, di halaman Kantor Bupati HSU, Senin (30/10/2023). (Foto: dok Pemkab HSU)
A A A
AMUNTAI - Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) Melaksanakan Upacara Hari Sumpah Pemuda ke-95, di halaman Kantor Bupati HSU, Senin (30/10/2023). Upacara tersebut dipimpin langsung oleh Sekretaris Daerah (Sekda) HSU, Adi Lesmana sebagai Inspektur Upacara, dan anggota Banser HSU sebagai Komandan Upacara.

Upacara juga dihadiri oleh unsur Forkopimda Kabupaten HSU, Kepala SKPD, Organisasi Kepemudaan, perwakilan pelajar dan mahasiswa serta tamu undangan lainnya. Dalam amanatnya, Sekda HSU, Adi Lesmana berkesempatan menyampaikan sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Ario Bimo Nandito Ariotedjo pada peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-95 Tahun 2023.

Disampaikan, bahwa setiap tanggal 28 Oktober kita selalu merayakan peringatan Hari Sumpah Pemuda.Lebih lanjut, ia menyebut momentum tersebut mengingatkan bangsa Indonesia terhadap sejarah gotong royong seluruh elemen pemuda yang berhasil menebar semangat jiwa patriotisme sekaligus menyatukan visi kebangsaan dalam Sumpah Pemuda 1928 yang melahirkan sebuah komitmen kebangsaan yaitu bertumpah darah satu tanah air Indonesia.

"Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95 Tahun 2023 mengusung tema "Bersama Majukan Indonesia" dengan logo HSP ke-95 yang bermakna membentuk stilasi barisan manusia yang menyimbolkan kolaborasi dan warna-warni menunjukkan keanekaragaman suku, bahasa, dan budaya," ucapnya.

Dijelaskan bahwa, posisi Indonesia memang sedang berproses menyelesaikan persoalan korupsi, kemiskinan, pengangguran, narkoba, pornografi, hoax, ujaran kebencian serta sejumlah problem bangsa lainnya. Tetapi semua itu bukan menjadi alasan bagi para pemuda untuk berhenti melaju menuju Indonesia maju dan menciptakan masyarakat adil dan makmur.

Di sisi lain, perkembangan teknologi terkini dan arus informasi yang semakin cepat membuat kesenjangan penguasaan terhadap teknologi dan informasi antar generasi. Demikian halnya dengan tatanan sosio-kultural, politik, dan bahkan bisnis yang dikontestasi. Kita perlu bertanya apakah artificial intelligence telah digunakan optimal secara masif.

"Mengimbangi percepatan dan perubahan ini saja sudah cukup membuat kewalahan. Pada Intinya, penguasaan oleh pemuda terhadap Teknologi dan Informasi serta Literasi Digital menjadi sesuatu yang harus diseriusin," katanya.

"Oleh karena itu, setiap pemuda perlu mempunyai visi, misi dan peran strategis untuk 30 tahun mendatang agar pembangunan dapat berlari lebih cepat," katanya menambahkan.

Dalam sambutannya, Menpora mengatakan, strategi paling ampuh adalah dengan tolong-menolong lintas generasi dan gotong royong lintas sektor. Karena kerja kolaboratif ini sesuai dengan amanah undang-undang Nomor 40 Tahun 2009 tentang Kepemudaan dan juga sesuai dengan Perpres Nomor 43 Tahun 2022 tentang Koordinasi Lintas Sektor Penyelenggaraan Pelayanan Kepemudaan agar implementasi koordinasi lintas

Sektor tersebut efektif menuju pencapaian Indeks Pembangunan Pemuda (IPP). "Maka pada momen Hari Sumpah Pemuda ini, kita harus canangkan kebulatan tekad semua stakeholder baik Kementerian dan Lembaga, Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kabupaten Kota, Organisasi Kepemudaan, Komunitas serta elemen-elemen lain," tuturnya.

"Marilah kita jadikan momentum peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95 ini sebagai momentum membangkitkan semangat kolaborasi dalam memajukan negeri," ucapnya.
(bga)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2388 seconds (0.1#10.140)