alexa snippet

Gelar WBC Bakal Tak Bertuan jika Golovkin Kalah

Gelar WBC Bakal Tak Bertuan jika Golovkin Kalah
Pertarungan Saul Alvarez alias Canelo versus Gennady Golovkin akan berlangsung di Las Vegas, Amerika Serikat, Minggu (17/9/2017) WIB. / Foto/Golden Boy Promotions
A+ A-
LAS VEGAS - Kontes pertarungan tinju besar di kelas menengah yang mempertemukan Gennady Golovkin dengan Saul "Canelo" Alvarez di T-Mobile Arena, Las Vegas, Amerika Serikat, Minggu (17/9) WIB akan meninggalkan sesuatu yang unik.

Sebagai juara IBF/IBO/WBA Super/WBC, Golovkin sudah pasti mempertaruhkan seluruh gelarnya itu dalam pertarungan tersebut. Namun, seandainya petinju asal Kazakhstan itu kalah, Canelo bersedia menerima mahkota-mahkota tersebut, namun tidak untuk sabuk WBC.

Ditolaknya gelar WBC oleh Canelo, maka sabuk juaranya bukan kembali ke Golovkin, melainkan tidak bertuan. Pasalnya, menurut aturan WBC, Golovkin tetap harus bertarung mempertahankan gelar versus Canelo. "Gennady mempertahankan keempat gelarnya," ujar Tom Loeffler dari K2 Promotions kepada Boxing Scene.

"Sudah jelas bahwa Canelo tidak memperjuangkan gelar WBC dan jelas bahwa Gennady membela gelar WBC-nya. Jika, entah kenapa, Gennady kalah, maka itu akan menjadi gelar yang lowong, karena Canelo enggan dengan gelar juara (WBC)," jelasnya.

Apabila Golovkin tidak ingin mempertaruhkan gelar WBC-nya dalam duel melawan Canelo, maka mereka harus bertarung di atas batas berat kelas menengah (72,6kg atau 160pon). "Karena Anda tidak bisa bertarung di bawah bobot (kelas menengah) dan tidak mempertahankannya sebagai sang juara," kata Loeffler.

"Apabila dia bertarung di berat 165pon, maka kita bisa meminta pengecualian dan mengatakan bobotnya itu terlalu berat," sambungnya.

Sebagaimana yang pernah diberitakan sebelumnya, Canelo, yang pernah memenangkan gelar kelas menengah WBC, merasa sakit hati dengan badan tinju yang dipimpin Mauricio Sulaiman tersebut.
halaman ke-1 dari 2
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top