160 Unit Rumah Tidak Layak Huni di Kabupaten HSU akan Diperbaiki Tahun 2024

Selasa, 31 Oktober 2023 - 15:50 WIB
loading...
160 Unit Rumah Tidak Layak Huni di Kabupaten HSU akan Diperbaiki Tahun 2024
Disperkim-LH Kabupaten Hulu Sungai Utara siapkan program Peningkatan Kualitas atau perbaikan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) sebanyak 160 buah pada tahun 2024 mendatang. (Foto: dok Pemkab HSU)
A A A
AMUNTAI - Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup (Disperkim-LH) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) siapkan program Peningkatan Kualitas (PK) atau perbaikan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) sebanyak 160 buah pada tahun 2024 mendatang.

Haltersebut dikemukakan oleh Kepala Disperkim-LH HSU Hermani Johan saat membuka sosialisasi tentang optimalisasi pendataan dan validasi RTLH secara online kepada masyarakat, di aula Disperkim-LH HSU pada Senin (30/10/2023).

"Untuk tahun depan, kami Insha Allah akan memperbaiki rumah tidak layak huni sekitar 160, dari dana APBD dan tidak menutup kemungkinan dari dana DAK (Dana Alokasi Khusus) dan provinsi," ujarnya.

Ia mengatakan bahwa untuk mendukung program peningkatan kualitas RTLH di tahun 2024 tersebut, maka diperlukan pendataan dan validasi yang dibantu oleh perangkat Desa/Kelurahan, Kecamatan, dinas serta instansi terkait lainnya guna pengembangan data informasi yang tepat.

Hermani juga menyebutkan hal tersebut selaras dengan yang disampaikan oleh Penjabat (Pj) Bupati HSU sebelumnya bahwa program ini diharapkan dapat terealisasi secara merata di seluruh kecamatan di Kabupaten HSU nantinya.

Oleh karena itu, Kepala Bidang Perumahan dan Kawasan Pemukiman Disperkim-LH Yandi Gunawan menyampaikan bahwa pihaknya siap membantu Kecamatan, Kelurahan dan desa terkait pendataan dan validasi RTLH secara online nantinya.

Untuk itu, Disperkim-LH HSU terus berupaya meningkatkan pengembangan data dan informasi RTLH melalui aplikasi 'Si Rumah Kita' secara online.

"Nantinya kita akan melakukan verifikasi ke kecamatan-kecamantan, keluarahan/desa sekaligus memberikan bimbingan teknis agar aparat didesa misalnya bisa meng input data secara langsung (online)," ucap Yandi saat sosialisasi yang dihadiri oleh perangkat Kecamatan, Kelurahan/desa, Dinas Sosial, BPS HSU, serta Dinas PMD Kabupaten HSU.

Selain itu, pihaknya juga menargetkan pendataan dan validasi data RTLH dapat selesai secepatnya di tanggal 13 November 2023 mendatang.

"Kami berharap data ini menjadi dasar kami untuk dapat memberikan stimulan atau bantuan perbaikan kepada rumah yang dinilai tidak layak huni nantinya," ujarnya.
(dsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.3006 seconds (0.1#10.140)