Menpora Imam Nahrawi Dianugerahi Doktor HC UINSA

Jum'at, 15 September 2017 - 11:47 WIB
Menpora Imam Nahrawi Dianugerahi Doktor HC UINSA
Menpora Imam Nahrawi Dianugerahi Doktor HC UINSA
A A A
SURABAYA - Menteri Pemuda dan Olahraga RI, Imam Nahrawi, menerima gelar Doktor Honoris Causa (HC) dari Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA) Surabaya, Kamis (14/9/2017). Gelar ini diberikan karena Imam dinilai layak atas komitmen untuk terus membangun kepemudaan baik dalam bidang keolahragaan, pembangunan karakter, maupun pendidikan.

Dari sisi akademis, orasi ilmiah "Kepemimpinan Pemuda Berbasis Agama" yang diangkat Imam baginya sangat menarik untuk sebagai kajian. Mengingat, kepemimpinan pemuda mengacu kepada kekuatan, keilmuan, kecerdasan, militansi dan intelektual.

"Integrasi kedua aspek ini dibutuhkan dalam membangun peradaban bangsa. Agama tanpa keilmuan mengakibatkan melemahnya peradaban dan mendatangkan problem sosial dan ekonomi. Sedangkan keilmuan tanpa agama menimbulkan dekadensi nilai-nilai kemanusiaan," ungkap Direktur Pasca Sarjana UINSA Prof Dr Husein Aziz.

Imam mengatakan, anugerah gelar akademik ini luar ekspektasinya. Dengan penuh haru, alumnus IAIN Sunan Ampel (nama senel berubah jadi UINSA) ini mengungkapkan rasa terima kasihnya pada semua pihak yang mendukungnya selama ini. Bapak tujuh anak ini merasa kerja yang dipersembahkan kepada negara masih jauh dari apa seharusnya ingin dilakukan.

"Dulu saya hanya bercita-citajadi seorang guru. Tetapi jalan hidup saya mengarahkan saya menjadi politisi. Tentunya saya bersyukur bisa lebih belajar pada kehidupan yang lebih kompleks," ungkap mantan aktivis PMII ini.

Rektor UINSA, Prof Abdul A'la berharap, penganugerahan ini bisa menjadi pemacu UINSA dalam mencetak generasi muda dan calon pemimpin yang unggul.

"Anugerah ini diberikan pada Menpora lantaran terobosan dan inovasinya pada pengembangan karakter pemuda. Terlepas dari kabatannya, anugerah ini memang untuk tokoh masyarakat," katanya saat memberi kata sambutan.
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3145 seconds (0.1#10.140)