Sah! Proyek Kereta Cepat Jakarta-Surabaya Bakal Digarap China

Selasa, 31 Oktober 2023 - 20:23 WIB
loading...
Sah! Proyek Kereta Cepat Jakarta-Surabaya Bakal Digarap China
Pemerintah memastikan proyek Kereta Cepat Jakarta-Surabaya akan digarap China. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Kementerian Badan Usaha Milik Negara ( BUMN ) memastikan proyek Kereta Cepat Jakarta-Surabaya akan digarap China. Penandatanganan joint study antara Indonesia dan China telah disepakati bersama.

Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo atau Tiko mengatakan pemerintah telah melakukan kesepakatan dengan China Railway sehingga proses studi akan segera dilakukan.

"Ini baru mulai membuat studi-nya. Kemarin kita dari China menandatangani kesepakatan untuk melakukan joint study dengan China Railway," ujar Tiko saat ditemui di kawasan Jakarta Pusat, Selasa (31/10/2023).



Rencana pemerintah melanjutkan proyek kereta cepat hingga ke Surabaya, setelah mega proyek di sektor transportasi serupa rampung di bangun dengan menghubungkan jalur Jakarta-Bandung. Kepastian proyek itu pasca Presiden Joko Widodo (Jokowi) berkunjung ke China dan melakukan perjanjian kerja sama sama dengan otoritas di negara setempat.

Adapun keterlibatan China Railway International Group (CRIG) dalam proyek Kereta Cepat Jakarta-Surabaya semakin memperkokoh taji perusahaan asing itu di dalam bisnis transportasi di Tanah Air.



China Railway juga memegang saham yang cukup dominan di internal Kereta Cepat Indonesia China (KCIC), sebuah perusahaan patungan antara Indonesia dan China yang mengelola operasional Kereta Cepat di dalam negeri. Secara ‎komposisi saham KCIC 60 persen dikendalikan oleh konsorsium BUMN atau PT Pilar Sinergi BUMN Indonesia (PSBI). Sementara, 40 persen dimiliki China Railway International Group.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0942 seconds (0.1#10.140)