Diprediksi Ini Trek Terberat di Ekspedisi Offroad Sulawesi

Senin, 18 September 2017 - 05:00 WIB
Diprediksi Ini Trek Terberat di Ekspedisi Offroad Sulawesi
Diprediksi Ini Trek Terberat di Ekspedisi Offroad Sulawesi
A A A
JAKARTA - Track Raota – Rante Angin akan menjadi track terberat yang akan menyiksa peserta Off-road eXpedition (IOX). Fionk memperkirakan dibutuhkan waktu sekitar 7 hari 7 malam untuk berhasil keluar dari track tersebut. Karenanya Fionk mengingatkan peserta untuk benar-benar bersiap baik logistic maupun spareparts mengingat kondisi track yang tidak dapat diprediksi.

Dengan track seperti itu kerjasama Tim sangat penting. Kemampuan Navigator dan mekanik akan sangat menentukan keberhasilan peserta berhasil keluar dari track ganas tersebut, mengingat resiko kerusakan kendaraan sangat tinggi,

Fionk yang akan mengendarai Jeep JK dari Garansindo dan Mopar sebagai car leader, bukan orang baru dalam melaksanakan event seperti IOX. Berbagai event offroad ekstrim Nasional telah digarapnya bahkan Fionk peserta IOX sejak tahun 2012.

Yoyok, Ketua Klub IOX mengatakan bahwa pemilihan Fionk sebagai Track Leader telah melalui proses seleksi yang ketat. Kompetensi dan jam terbang yang tinggi dari Fionk diyakini Pengurus IOX akan mampu menjaga kualitas main event IOX, yang selama ini menjadi acuan event sejenis lainnya. Menurut Yoyok tidak banyak offroader di Indonesia yang bisa melaksanakan event offroad sesuai spesifikasi IOX, Fionk dinilai cocok.

Siapa yang menjadi Track Leader dalam event offroad sangat penting, karena track leader menjadi salah satu pertimbangan peserta untuk mau ikut serta. Peserta menginginkan track leader memberikan sensasi offroad yang berkesan baik karena ekstrimnya, ganasnya, sulitnya namun aman tidak asal-asalan dan terorganisir dengan baik. Ini wajar mengingat sangat besarnya usaha, waktu dan biaya yang harus dikeluarkan setiap peserta untuk bisa mengikuti event ini.

Event IOX 2017 Celebes ini diyakini akan menjadi perjalanan yang berat bagi pesertanya mengingat kondisi cuaca yang diperkirakan akan ada hujan dengan kemungkinan banjir dan longsor. Namun Pipit, Ketua Panitia IOX 2017 Celebes tidak khawatir dengan kondisi ini karena menurutnya offroader malah semakin tertantang bila kondisi alam semakin sulit. “Semakin sulit kondisi alam maka semakin menarik bagi para offroader” kata Pipit sambil tersenyum.

Di sisi kendaraan, persyaratan untuk mengikuti IOX-2017 Celebes sangat ketat untuk menjamin agar ekspedisi dapat berjalan dengan aman dan tanpa hambatan. Untuk ini setiap peserta dan kendaraannya wajib mengikuti sebuah proses scrutineering atau pemeriksaan, mulai dari fisik kendaraan hingga perbekalan yang dibutuhkan untuk bertahan hidup di hutan tropis Sulawesi.

Untuk memastikan kesiapan peserta, Panitia membekali dengan coaching clinic tanggal 16 September 2017 di Jakarta. Selain itu juga dilakukan pemeriksaan kendaraan (scruttinering) pada tanggal 17September 2017 untuk memastikan spesifikasi yang dipersyaratkan sudah dipenuhi. Pengiriman kendaraan, melalui laut ke Kendari akan dilaksanakan sekitar tanggal 20 September 2017, diharapkan kendaraan tiba di Kendari awal Oktober dan siap start dari Kendari tanggal 7 Oktober 2017 dan finish di Makasar tanggal 21 Oktober 2017.
(mir)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5446 seconds (0.1#10.140)