Lee Chong Wei Minta Lee Zii Jia Turuti Kemauan Menpora Malaysia

Kamis, 02 November 2023 - 08:04 WIB
loading...
Lee Chong Wei Minta Lee Zii Jia Turuti Kemauan Menpora Malaysia
Lee Chong Wei meminta Lee Zii Jia segera menuruti kemauan Menpora Malaysia, Hannah Yeoh, yang memintanya untuk segera menandatangani Letter of Commitment (LOC) untuk mengikuti program Road to Gold (RTG) dari negaranya / Foto: Datuk Wira Lee Chong Wei (@le
A A A
Lee Chong Wei meminta Lee Zii Jia segera menuruti kemauan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Malaysia, Hannah Yeoh, yang memintanya untuk segera menandatangani Letter of Commitment (LOC) untuk mengikuti program Road to Gold (RTG) dari negaranya. Jika tidak, kata legenda bulu tangkis, bakal ada pembahasan dalam rapat berikutnya.

"Seperti yang dinyatakan oleh koordinator RTG, Datuk Stuart Ramalingam, Zii Jia memiliki waktu dua minggu untuk menandatangani perjanjian tersebut. Mungkin Zii Jia sedang sibuk dengan banyak turnamen di luar negeri atau perlu memikirkannya,” kata Lee Zii Jia dikutip dari Bernama, Rabu (1/11/2023).

"Stuart akan menindaklanjutinya dengan Zii Jia. Semoga dia bisa menyelesaikan perjanjian dalam jangka waktu yang ditentukan. Keputusan selanjutnya akan diambil dalam rapat; hal ini tidak dapat diputuskan oleh satu orang saja," imbuhnya.



Untuk diketahui, RTG merupakan program yang dirancang oleh Pemerintah Malaysia dalam rangka mendapatkan emas pertama di ajang Olimpiade. Sebab, sejak kali pertama ikut serta pada edisi 1956, mereka sama sekali belum pernah meraih emas dari cabang olahraga (cabor) mana pun.

Nah, cabor bulu tangkis dianggap menjadi salah satu yang punya peluang besar untuk menyumbang emas perdana bagi Negeri Jiran di pesta olahraga terakbar di dunia itu. Namun, sampai saat ini Zii Jia, yang merupakan tunggal putra andalan Malaysia, belum menandatangani LOC tersebut sebagai tanda bahwa dirinya berkomitmen mengikuti program RTG. Padahal, dia merupakan salah satu pemain yang diandalkan untuk juara.

Kesibukan berlatih dan mengikuti turnamen di berbagai negara menjadi alasan pemain rangking 11 dunia itu belum sempat menandatanganinya. Oleh karena itu, Hannah memberi ultimatum kepada Zii Jia untuk segera melakukannya dalam waktu dua pekan ke depan karena dia menjadi satu-satunya atlet yang belum menandatanganinya.



Zii Jia sendiri saat ini duduk di peringkat sembilan dalam klasemen menuju Olimpiade Paris 2024 alias Road to Olympic 2024 dengan torehan 59,076 poin. Dua pekan lalu dia baru menjadi runner up Denmark Open 2023 tetapi kemudian gugur di babak 16 besar French Open 2023 pekan lalu.

Pada saat yang sama, ada beberapa atlet Malaysia yang dicoret dari program RTG, yakni Timnas Hoki Malaysia dan pasangan ganda campuran bulutangkis non pelatnas Negeri Jiran, Tan Kian Meng/Lai Pei Jing dan Goh Soon Huat/Lai Shevon Jemie. Meski begitu, Menpora Hannah membeberkan masih akan terus mendukung mereka lewat dukungan program podium yang ada.

(yov)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5291 seconds (0.1#10.140)