Doa agar Dapat Jodoh Menurut Al Qur'an dan Hadis Nabi SAW

Kamis, 02 November 2023 - 12:30 WIB
loading...
Doa agar Dapat Jodoh Menurut Al Quran dan Hadis Nabi SAW
Doa untuk mendapat jodoh yang kita harapkan bisa diamalkan secara rutin. Doa ini bersumber dari Al-Quran dan Hadis Nabi Shallallahu alaihi wa sallam. Foto ilustrasi/ist
A A A
Doa untuk mendapat jodoh yang kita harapkan bisa diamalkan secara rutin. Doa ini bersumber dari Al-Qur'an dan Hadis Nabi Shallallahu alaihi wa sallam.

Perkara jodoh memang rahasia Illahi, begitupun dengan takdir jodoh yang akan kita terima. Namun, bisakah kita mengubah takdir jodoh yang telah ditetapkan oleh Allah SWT ini?

Jodoh sebenarnya tak bisa berubah karena sudah tercatat. Akan tetapi, sebagaimana Allah memberikan sebab untuk rezeki, demikian pula pada takdir jodoh. Allah memerintahkan manusia untuk berusaha. Seorang yang tidak berusaha untuk takdirnya dianggap sebuah kekeliruan dan kelemahan. Jadi, jodoh tidak berubah ketika seseorang tidak melakukan usaha apapun untuk mengubahnya.

Sebagaimana firman Allah SWT:

لَهٗ مُعَقِّبٰتٌ مِّنۡۢ بَيۡنِ يَدَيۡهِ وَمِنۡ خَلۡفِهٖ يَحۡفَظُوۡنَهٗ مِنۡ اَمۡرِ اللّٰهِ‌ؕ اِنَّ اللّٰهَ لَا يُغَيِّرُ مَا بِقَوۡمٍ حَتّٰى يُغَيِّرُوۡا مَا بِاَنۡفُسِهِمۡ‌ؕ وَاِذَاۤ اَرَادَ اللّٰهُ بِقَوۡمٍ سُوۡۤءًا فَلَا مَرَدَّ لَهٗ‌ۚ وَمَا لَهُمۡ مِّنۡ دُوۡنِهٖ مِنۡ وَّالٍ


“Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum kecuali kaum itu sendiri yang mengubah apa apa yang pada diri mereka ” (QS ar Rad :11).

Lalu bagaimana solusinya? Berikhtiarlah! berusaha dan berdoa lah kepada Allah swt agar anda mendapatkan jodoh yang baik dan sesuai dengan keinginan anda.

Karena itu, kita sebenarnya dapat mengubah takdir jodoh dengan doa karena sesungguhnya tak ada yang bisa mengubah takdir kecuali doa yang disertai usaha.

Doa untuk Mengubah Takdir Jodoh

1. Doa Jodoh Menurut Alqur’an

Dalam Al-furqon ayat 74:

“Robbana hablanaa min azwazinaa, wadzuriyatinaa, qurata’ayyun, wajaalna lilmutaqqina immamaa”

Artinya: Ya Tuhan kami anugerahkanlah kepada kami pasangan dan keturunan yang menjadi penyejuk mata hati kami dan jadikanlah kami iman bagi orang2 yang bertaqwa.

2. Doa Jodoh Menurut Hadis

Rasulullah Shallalahu alaihi wa sallam telah mengajarkan doa istikharah (menurut hadits Bukhari, Ahmad, dll), yang isinya mengandung permohonan mengubah takdir-Nya:

“Ya Allah, sekiranya Engkau tahu bahwa urusan ini lebih baik untuk diriku, agamaku, dan kehidupanku, serta [lebih baik pula] akibatnya [di dunia dan akhirat], maka TAKDIRKANLAH dan mudahkanlah urusan ini bagiku, kemudian berkahilah aku dalam urusan ini. … dan TAKDIRKANLAH kebaikan untukku di mana pun, kemudian jadikanlah aku ridha menerimanya.“

Selain memanjatkan doa untuk mengubah takdir jodoh, kita juga sangat dianjurkan untuk senantiasa berusaha mencari jodoh dalam islam. Berusaha mendapatkan jodoh tentunya harus sesuai dengan pokok ajaran islam dengan menerapkan cara memilih calon pendamping hidup sesuai syariat islam. Salah satu usaha yang bisa anda lakukan adalah dengan meningkatkan ketaatan serta ketakwaan anda kepada Allah SWT.



Wallahu A'lam
(wid)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1542 seconds (0.1#10.140)