Doa untuk Para Pemimpin dalam Islam

Kamis, 02 November 2023 - 13:19 WIB
loading...
Doa untuk Para Pemimpin dalam Islam
Sebagai umat islam yang beriman dan sebagai rakyat yang berbakti, marilah kita berdoa agar diberikan pemimpin yang adil dan bertanggung jawab. Foto ilustrasi/ist
A A A
Seseorang dapat dikatakan pemimpin menurut islam apabila ia memiliki beberapa kriteria yakni bersikap adil, sehat jasmani dan rohani dan dapat menangani tugas kepimpinananya, berilmu yang bisa mengantar kepada ijtihad, bersikap bijak, berani untuk melindungi rakyat dan wilayah serta siap memerangi musuh.

Adapun pentingnya kemimpinan ditegakkan di muka bumi ini adalah untuk menjaga bumi dari kerusakan sebagaimana Ath-Thurthusyi dalam Sirâjul-Mulûk mengatakan: “Allah Subhanahu wa Ta’ala telah berfirman:

وَلَوْلَا دَفْعُ اللَّهِ النَّاسَ بَعْضَهُمْ بِبَعْضٍ لَفَسَدَتِ الْأَرْضُ


“Seandainya Allah tidak menolak (keganasan) sebahagian manusia dengan sebagaian yang lain, pasti rusaklah bumi ini” [al-Baqarah/2:251].

Maksud ayat di atas adalah seandainya Allah tidak menegaskan menegakkan pemimpin di muka bumi untuk menolak kesemena-menaan yang kuat terhadap yang lemah dan membela orang yang dizhalimi atas yang menzhalimi, niscaya hancurlah orang-orang yang lemah. Manusia akan saling memangsa. Segala urusan menjadi tidak akan teratur, dan hiduppun tidak akan tenang. Rusaklah kehidupan di atas muka bumi.

Untuk itu sebagai umat islam yang beriman dan sebagai rakyat yang berbakti, marilah kita berdoa agar diberikan pemimpin yang adil dan bertanggung jawab. Selain itu, kita juga harus senantiasa memanjatkan doa untuk para pemimpin kita demi terciptanya kemaslahatan hidup, bukan hanyauntuk kemaslahatan pribadi namun juga kemaslahatan umum, tak hanya untuk dunia namun juga untuk akhirat.

Adapun lafaz doa untuk pemimpin ini, sebagai berikut:

اَللَّهُمَّ أَصْلِحْ وُلَاةَ أُمُوْرِنَا، اَللَّهُمَّ وَفِّقْهُمْ لِمَا فِيْهِ صَلَاحُهُمْ وَصَلَاحُ اْلإِسْلَامِ وَالْمُسْلِمِيْنَ، اَللَّهُمَّ أَعِنْهُمْ عَلَى الْقِيَامِ بِمَهَامِهِمْ كَمَا أَمَرْتَهُمْ يَا رَبَّ الْعَالَمِيْنَ. اَللَّهُمَّ أَبْعِدْ عَنْهُمْ بِطَانَةَ السُّوْءِ وَالْمُفْسِدِيْنَ وَقَرِّبْ إِلَيْهِمْ أَهْلَ الْخَيْرِ وَالنَّاصِحِيْنَ يَا رَبَّ الْعَالَمِيْنَ اَللَّهُمَّ أَصْلِحْ وُلَاةَ أُمُوْرِ الْمُسْلِمِيْنَ فِيْ كُلِّ مَكَانٍ


“Ya Allah, jadikanlah pemimpin kami orang yang baik. Berikanlah taufik kepada mereka untuk melaksanakan perkara terbaik bagi diri mereka, bagi Islam, dan kaum muslimin. Ya Allah, bantulah mereka untuk menunaikan tugasnya, sebagaimana yang Engkau perintahkan, wahai Rabb semesta alam. Ya Allah, jauhkanlah mereka dari teman dekat yang jelek dan teman yang merusak. Juga dekatkanlah orang-orang yang baik dan pemberi nasihat yang baik kepada mereka, wahai Rabb semesta alam. Ya Allah, jadikanlah pemimpin kaum muslimin sebagai orang yang baik, di mana pun mereka berada.”



Wallahu A'lam
(wid)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2390 seconds (0.1#10.140)