Ini Perbandingan Tarif LRT Jakarta dan Jabodebek Beserta Rutenya

Jum'at, 03 November 2023 - 13:56 WIB
loading...
Ini Perbandingan Tarif LRT Jakarta dan Jabodebek Beserta Rutenya
Perbandingan tarif LRT Jakarta dan LRT Jabodebek. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Perbandingan tarif LRT Jakarta dan LRT Jabodebek bisa menjadi referensi masyarakat yang ingin menggunakan transportasi ini. Meski keduanya beroperasi di wilayah Jakarta, ada perbedaan rute dan harga antara LRT Jakarta dan LRT Jabodebek.

Saat ini Indonesia sudah memiliki tiga LRT yakni LRT Jabodebek, LRT Jakarta dan LRT Palembang. Sudah dipastikan jika ketiganya memiliki perbedaan dari segi rute jalur hingga tarif yang dikenakan kepada penumpang.

Berikut ulasan perbandingan tarif harga LRT Jakarta vs LRT Jabodebek.

Perbandingan Tarif LRT Jakarta vs LRT Jabodebek


1. Tarif LRT Jakarta


Dikutip dari laman resmi LRT Jakarta, tarif LRT Jakarta flat sebesar Rp5.000 untuk 1 kali perjalanan. Selain itu, para penumpang dapat membeli tiket di Ticket Vending Machine (TVM) atau Passenger Agent Office (PAO), yaitu loket manual dengan staf yang melayani pembelian.



Dengan tarif Rp5.000 waktu yang dapat ditempuh antar stasiun LRT Jakarta adalah sekitar 1 sampai dengan 2,5 menit. Sementara untuk menempuh jarak 5,8 km akan menempuh waktu total hingga 13 sampai dengan 15 menit.

Adapun rute LRT Jakarta tahap 1 saat ini adalah sepanjang 5,8 km membentang dari Stasiun Pegangsaan Dua, Kelapa Gading hingga Stasiun Velodrome, Rawamangun.

2. Tarif LRT Jabodebek


Berbeda dengan LRT Jakarta yang hanya melayani rute area Jakarta, LRT Jabodebek akan menempuh rute antar kota, sehingga tarif harga LRT akan bervariasi.



Tarif minimal LRT Jabodebek adalah Rp3.000 untuk 1 km pertama, dan tarif maksimal adalah Rp20.000 untuk jarak terjauh. Tarif ini berlaku dari 1 Oktober 2023 hingga akhir Februari 2024. Sebelumnya, tarif LRT Jabodebek adalah Rp5.000 untuk semua rute.

Ada 18 stasiun yang melayani penumpang LRT Jabodebek, yaitu Stasiun Dukuh Atas, Setiabudi, Rasuna Said, Kuningan, Pancoran, Cikoko, Ciliwung, Cawang, TMII, Kampung Rambutan, Ciracas, Harjamukti, Halim, Jatibening Baru, Cikunir I, Cikunir II, Bekasi Barat, dan Jati Mulya.

Demikian ulasan mengenai perbandingan tarif harga LRT Jakarta dan LRT Jabodebek. Semoga informasi ini dapat bermanfaat.
(okt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1148 seconds (0.1#10.140)