Perbandingan 3 Bek Abroad Timnas Indonesia, Siapa Lebih Tangguh?

Sabtu, 04 November 2023 - 10:31 WIB
loading...
Perbandingan 3 Bek Abroad Timnas Indonesia, Siapa Lebih Tangguh?
Perbandingan 3 Bek Abroad Timnas Indonesia, Siapa Lebih Tangguh?
A A A
JAKARTA - PSSI dalam waktu dekat bakal merampungkan naturalisasi pemain bertahan Justin Hubner. Tambahan kekuatan membuat pertahanan Indonesia semakin kental aroma pemain abroad setelah sebelumnya ada nama Elkan Baggott dan Shayne Pattynama.

Hubner yang bermain untuk klub Inggris Wolverhampton itu memang awalnya diproyeksi memperkuat timnas U-20 Indonesia di Piala Dunia U-20 2023. Namun, proses naturalisasinya terhenti karena permintaan yang tidak dapat dipenuhi PSSI beberapa waktu lalu.

Secara mengejutkan, akhir pekan ini Ketum PSSI Erick Thohir mengumumkan proses naturalisasi Justin Hubner berjalan bahkan memasuki tahap akhir. Lantas, seperti apa profil 3 bek abroad Timnas Indonesia setelah Justin Hubner bergabung dengan Skuad Garuda?

1. Elkan Baggott

Perbandingan 3 Bek Abroad Timnas Indonesia, Siapa Lebih Tangguh?

Elkan Baggott adalah pesepak bola keturunan Inggris yang bermain untuk klub Liga Inggris Divisi kedua Ipswich Town dan tim nasional Indonesia. Elkan Baggott bergabung dengan timnas Indonesia untuk memperkuat lini pertahanan, sekaligus menjadi benteng menghalau serangan lawan.

Dikutip dari transfermarkt.co.id, pemain bernama lengkap Elkan William Tio Baggott itu lahir di Bangkok, Thailand pada 23 Oktober 2002. Selain punya kemampuan bertahan yang luar biasa, Baggott juga cukup tajam di depan gawang lawan, di mana dia baru saja mencetak gol perdana ke gawang Fulham.

2. Shayne Pattynama

Perbandingan 3 Bek Abroad Timnas Indonesia, Siapa Lebih Tangguh?

Shayn Elian Jay Pattynama atau lebih dikenal dengan nama Shayne Pattynama. Pemain bertinggi 1,80 meter ini lahir di Kota Lelystad, Belanda pada 11 Agustus 1998.

Shayne Pattynama memiliki garis keturunan Indonesia langsung dari sang ayah. Diketahui jika sang ayah yang beretnis Maluku dari Pulau Haruku, Maluku Tengah dan lahir di Semarang, Jawa Tengah. Sedangkan sang ibu berasal dari Belanda.

Shayne Pattynama berperan penting dalam menjaga Viking FK tetap memuncaki klasemen sementara Liga Norwegia 2023/2024. Bahkan, ia memberikan satu assist saat timnya mengalahkan Sandefjord dengan skor 4-3 di Viking Stadium pada Minggu (24/9/2023) lalu.

3. Justin Hubner

Perbandingan 3 Bek Abroad Timnas Indonesia, Siapa Lebih Tangguh?

Karier sepakbola Justin Hubner dimulai di FC Den Bosch Academy pada 2017 saat usianya baru 14 tahun. Dalam waktu singkat, pada Juli 2018, Hubner dipromosikan ke tim U-17 Den Bosch, menarik perhatian pencari bakat sepakbola global. Pada Januari 2020, Wolverhampton Wanderers, klub Liga Inggris terkemuka, merekrutnya. Wolves memperkenalkan Hubner pada Februari sebagai rekrutan baru.

Hubner, dikenal sebagai bek berbakat di Belanda, awalnya sulit dilepaskan oleh FC Den Bosch. Namun, dia memilih untuk berkarir di Liga Inggris dengan bergabung bersama Wolves U-18. Selama musim 2020/21, Hubner tampil dalam 24 pertandingan lintas kompetisi dan mencetak dua gol.
(sto)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0973 seconds (0.1#10.140)