Gagal di Sesi Kualifikasi, Ini Curhatan Sebastian Vettel

Sabtu, 30 September 2017 - 21:50 WIB
Gagal di Sesi Kualifikasi, Ini Curhatan Sebastian Vettel
Gagal di Sesi Kualifikasi, Ini Curhatan Sebastian Vettel
A A A
SEPANG - Setelah berusaha melupakan insiden tabrakan di Singapura, Sebastian Vettel tampak sangat siap menghadapi balapan Formula 1 seri Malaysia, Minggu (1/10/2017). Pembalap Ferrari tersebut cukup perkasa di sesi latihan bebas.

Namun itu ternyata tidak berlangsung lama. Vettel mengalami gangguan mesin pada sesi kualifikasi yang membuatnya harus rela start dari posisi buncit. Di sisi lain, pesaing utamanya, Lewis Hamilton sukses menjadi yang tercepat dan berhal atas posisi pole. Ini berarti selisih antarkeduanya yang kini hanya 28 poin kemungkinan besar akan bertambah.

Berikut wawancara dengan Sebastian Vettel yang dilansir Formula1.com, Sabtu (30/9/2017) malam:

Tanya: Sayang sekali Anda melewatkan kesempatan hari ini. Kapan Anda merasa ada yang tidak beres?

Vettel: Kami mengalami masalah ini di pagi hari, sehingga kami memutuskan untuk mengganti mesin. Ketika saya keluar semuanya terlihat baik-baik saja dan ketika saya melakukan flying lap mobil tiba-tiba kehilangan tenaga di Turn 5. Saya beruntung bisa kembali ke pit untuk membiarkan para teknisi untuk melihat apa yang terjadi, tapi sayangnya kami tidak bisa mengatasi masalah ini. Mengapa semua itu terjadi sekarang? kita tidak tahu.

Tanya: Saat itu Anda terlihat seperti bisa keluar lagi...

Vettel: Saya pikir begitu dan menyiapkan segalanya. Kami memasang ban yang tepat di mobil, dan kira-kira dua menit sebelum sesi berakhir, kami harus keluar lagi. Jadi, kami bersemangat dan mencoba memperbaiki masalahnya dengan melepaskan penutup mesin tapi tidak dapat menemukan apa pun. Para teknisi memeriksa telemetri dan mengatakan bahwa masih terjadi masalah yang sama.

Tanya: Semua orang mengharapkan pertarungan langsung antara Anda dan Lewis (Hamilton), tapi Anda tidak sampai sejauh itu....

Vettel: Tentu saja apa yang terjadi bukan apa yang Anda inginkan, terutama pada hari di mana Anda mengira Anda berhasil mendapatkannya. Sayang kami tidak bisa membuktikannya. Namun balapannya baru besok, jadi jangan buang saya dari persaingan.

Tanya: Jadi besok akan menjadi balapan lain yang sulit...

Vettel: Ya, itu terasa pahit, tapi ini adalah balapan. Kami memiliki orang-orang hebat dalam memperbaiki masalah. Mengubah mesin dalam waktu dua jam antara FP3 (latihan bebas 3) dan kualifikasi merupakan sebuah keajaiban. Kami berpikir bahwa kami akan terlambat untuk kualifikasi tapi kami keluar tepat waktu. Besok kita harus kembali.

Tanya: Seberapa jauh ke belakang?

Vettel: Itu sulit untuk dikatakan. Yang saya tahu adalah bahwa kita akan kembali karena kita memiliki mobil yang cepat. Ketika saya mengatakan kembali, saya bermaksud kembali ke kelompok terdepan. Saya tidak punya target dalam jumlah, tapi seperti yang kita tahu bahwa apapun bisa terjadi di sini. Itu sebabnya kami ikut balap. Saya ingin agar kita mencapai yang terbaik, apapun itu artinya.

Tanya: Jadi nasib buruk sedang berada di pihak Anda?

Vettel: Tidak, karena saya tidak percaya pada keberuntungan. Tentunya ada alasan mengapa masalah ini terjadi jadi kita perlu mengerti dan memastikan hal itu tidak terjadi lagi. Untungnya masalah ini terjadi hari ini jadi kita sudah menghemat banyak ban dan bisa memilih strategi kita, jadi tidak semuanya buruk.

Tanya: Pada tahun 2010 Lewis berhasil mencapai posisi ke-6 meski start dari posisi 20. Apakah hal itu bisa terjadi dengan mobil Ferrari di trek ini? Apakah menyalip itu mudah?

Vettel: Itu tergantung pada balapan. Ya kita punya mobil cepat akhir pekan ini, jadi kita harus bisa membuat banyak strategi. Seperti yang baru saja saya katakan, kita memiliki lebih banyak ban daripada yang lain dan kita mungkin bisa melakukan sesuatu dengan strategi.

Tanya: Bagaimana dahsyatnya kualifikasi kali ini?

Vettel: Karena kami tidak memiliki kualifikasi, jadi saya berkata kepada orang-orang: Jangan khawatir, mobilnya cepat dan kami memiliki balapan yang panjang untuk pulih.

Tanya: Ini bisa menjadi akhir pekan yang berat untuk Ferrari karena Mercedes hanya sedikit berjuang dibanding Ferrari. Seberapa menyebalkannya bagi Anda?

Vettel: Kita telah melihat pada balapan terakhir seberapa cepat segalanya bisa berubah, jadi jangan terlalu khawatir.

Tanya: Anda sangat optimis?

Vettel: Sejujurnya saya tidak terlalu memikirkan masa depan dan atau apa artinya semua itu. Pandai untuk mengambil satu langkah pada satu waktu. Tentu jika Anda bisa memilih, Anda akan selalu memilih untuk mulai dari posisi pole, bukan dari belakang, karena pole bisa menjadi pilihan hari ini. Tapi sekarang keadaannya memang begitu.
(amm)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8535 seconds (0.1#10.140)