Hasil Uji Laboratorium UI Buktikan AC LG Hemat Listrik, Sehari Cuma Rp1.500

Senin, 06 November 2023 - 11:17 WIB
loading...
Hasil Uji Laboratorium UI Buktikan AC LG Hemat Listrik, Sehari Cuma Rp1.500
Dari hasil peneletian laboraturium UI, AC LG Dualcool hanya mengonsumsi listrik Rp1.500 per hari. Foto: LGEIN
A A A
JAKARTA - Banyak merek pendingin udara/AC yang mengklaim produk mereka hemat listrik. Tapi, sehemat apa? Nah, untuk membuktikannya, PT. LG Electronics Indonesia (LG) menggandeng Universitas Indonesia (UI) untuk melakukan pengujian terhadap kemampuan perangkat penyejuk ruangan (air conditioner) untuk beroperasi secara hemat energi.

Pengujian itu dilakukan Unit Pelayanan dan Pengabdian Masyarakat Departemen Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Indonesia (UP2M DTE FTUI) terhadap konsumsi listrik AC LG Dualcool New Eco .

Kepala UP2M DTE FTUI Budi Sudiarto mengatakan, hasil pengujian mereka menyebut bahwa AC kategori inverter LG memiliki konsumsi listrik harian dalam kisaran 1.04kWha untuk model dengan kapasitas pendinginan 1/2PK.

Artinya, dengan tarif listrik yang berlaku saat ini, konsumsi listrik tersebut sebanding dengan biaya sebesar Rp1,500 sehari. “Pengujian ini jadi contoh baik sebagai bentuk upaya tanggung jawab industri untuk memberikan informasi yang sebenarnya pada masyarakat,” ujar Budi.

Hasil Uji Laboratorium UI Buktikan AC LG Hemat Listrik, Sehari Cuma Rp1.500

Seiring gerakan hemat energi yang terus digaungkan pemerintah, ia mengatakan, pengujian dari lembaga independen diperlukan untuk menghindari klaim
sepihak yang justru membingungkan masyarakat.

Lebih dalam terkait detail pengujian, untuk mendapatkan perhitungan konsumsi energi harian yang benar-benar menggambarkan penggunaan masyarakat, pengujian dilakukan dalam rentang sepanjang 1 bulan.

Sepanjang masa tersebut, tim penguji melakukan serangkaian skenario dan pemantauan pada AC yang diletakkan pada ruang khusus dengan dimensi
7.75 meter persegi yang beroperasi 8 jam perhari.

Abhinyano, Head of Product Marketing Air Solution at LG Electronics Indonesia mengatakan, hasil uji konsumsi energi harian yang rendah pada AC LG Dualcool New Eco tak lepas dari fitur Watt Control yang dimilikinya.

Hasil Uji Laboratorium UI Buktikan AC LG Hemat Listrik, Sehari Cuma Rp1.500

Pengguna bisa memilih pengaturan 4 moda daya listrik. Foto: LGEIN

“Mengaktifkan fitur ini membuat pengguna bisa memilih empat opsi pengaturan konsumsi daya listrik AC. Mulai 100%, 80%, 60% dan dengan yang terendah mencapai 40% kebutuhan konsumsi listrik normalnya,” ungkapnya. “Sehingga, bisa menghemat listrik tanpa mengorbankan kenyamanan,” tambahnya.



Abhinyano menyebut, menurunkan tingkat kebutuhan daya listrik ini berguna pada dua kondisi berbeda. “Saat suhu lingkungan sekitar cenderung dingin seperti malam hari atau saat terdapat kebutuhan untuk menggunakan lebih banyak perangkat elektronik lain tanpa harus mematikan AC,” bebernya.

Selain hemat energi, Abhinyano menyebut mengatakan bahwa AC LG Dualcool New Eco memiliki tingkat kebisingan hanya mencapai 18 desibel atau separuh tingkat kebisingan ruang perpustakaan dalam kondisi tenang yang rata-rata36desibel.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1391 seconds (0.1#10.140)