Alonso Yakin Mesin Renault Akan Membuat McLaren Tampil Kompetitif

Kamis, 05 Oktober 2017 - 17:04 WIB
Alonso Yakin Mesin Renault Akan Membuat McLaren Tampil Kompetitif
Alonso Yakin Mesin Renault Akan Membuat McLaren Tampil Kompetitif
A A A
TOKYO - Kemenangan pembalap muda Red Bull Racing, Max Verstappen di Sirkuit Sepang, Malaysia, akhir pekan lalu memberikan harapan kepada McLaren untuk memenangkan balapan Formula One bersama Renault pada 2018 mendatang. Hasil balapan itu membuktikan bahwa Renault memiliki mesin yang kompetitif untuk balapan kelas dunia.

McLaren sejak 2015 menjalin kerja sama dengan Honda sebagai penyedia unit power mobil balap Formula One. Honda menggantikan posisi Mercedes-Benz yang telah merampungkan kontrak panjangnya dengan McLaren sejak 1995-2014.

Keputusan McLaren menggandeng Honda ternyata tidak sesuai dengan harapan. Mobil balap yang ditunggangi Stoffel Vandoorne dan Fernando Alonso sering mengalami gangguan mesin dan tidak kompetitif di lintasan. Kedua pembalap McLaren tercecer di peringkat 14 dan 16 klasemen sementara. Bahkan McLaren-Honda berada di peringkat 9 klasemen konstruktor atau satu tingkat lebih baik dibanding Sauber-Ferrari.

Lantaran prestasi buruk tersebut, McLaren kemudian memutus kontrak dengan Honda dan beralih ke mesin Renault mulai musim balap 2018. Renault selama ini juga sebagai pemasok mesin tim Red Bull Racing.

"Kami melihat Red Bull tampil sangat bagus di Monza, Italia. Bahkan di Malaysia, Red Bull selangkah lebih maju dengan mengalahkan Mercedes," kata Fernando Alonso seperti dikutip Crash.net, Kamis (5/10/2017).

Menurut Alonso, dari sisi sasis, mobil McLaren cukup efisien dan kuat, sehingga yang perlu dilakukan adalah mencocokan sasis dan mesin yang digunakan agar sesuai dan kompetitif, seperti yang ditunjukkan oleh Redl Bull.

"Kita harus mencocokkan performa itu di sasis, dan itu adalah tantangan yang pasti," katanya.

Ketika ditanya apakah realistis mengharapkan McLaren menantang Red Bull pada 2018, Alonso menjawab. "Saya pikir tantangannya adalah, bagaimana McLaren bisa berada di depan. Seharusnya tidak pernah takut bersaing dengan tim lain, karena McLaren harus mengalahkan tim lain," katanya.
(amm)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.5827 seconds (0.1#10.140)