Indonesia Berupaya Tambah Tiket Olimpiade Paris Melalui IFSC Asia Qualifier 2023

Selasa, 07 November 2023 - 21:32 WIB
loading...
Indonesia Berupaya Tambah Tiket Olimpiade Paris Melalui IFSC Asia Qualifier 2023
IFSC Asia Qualifier 2023 menjadi babak kualifikasi Asia untuk menentukan peraih tiket Olimpiade Paris 2024. / Foto: ist
A A A
JAKARTA - Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) menggelar kejuaraan panjat tebing tingkat regional. Bertajuk IFSC Asia Qualifier 2023, kejuaraan tersebut akan berlangsung di Jakarta, 9-12 November 2023.

Kejuaraan ini merupakan babak kualifikasi Asia untuk menentukan peraih tiket Olimpiade Paris 2024 . Sebanyak 95 atlet dari 15 negara di Asia akan ambil bagian dalam kejuaraan ini. Sementara, kategori yang dilombakan Speed putra dan putri, Lead&Boulder (combine) putra dan putri.

"Melalui event kali ini kami berharap Indonesia kembali bisa meraih tiket Olimpiade Paris 2024 untuk cabang olahraga panjat tebing. Apalagi kejuaraan ini dilakukan di rumah kita sendiri," kata Ketua FPTI, Yenny Wahid dalam keterangan resminya di Jakarta, Selasa (7/11/2023).



Menurut Yenny, event kali ini merupakan upaya lanjutan FPTI dalam memperbanyak jumlah atlet Indonesia cabor panjat tebing yang dapat mengikuti Olimpiade Paris 2024. Sebelumnya, Indonesia telah meraih satu tiket melalui kategori Speed putri, yang didapatkan Desak Made Rita Kusuma Dewi.

Pada kesempatan yang sama, Manajer Olahraga IFSC Asian Qualifiers 2023, Hendricus Mutter menyampaikan bahwa kesiapan lokasi acara sudah memenuhi standar internasional. Kejuaraan ini sendiri akan digelar di arena panjat tebing yang baru saja selesai dibangun di Lot 11 Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta.

"Hanya masalah faktor cuaca saja yang mungkin sulit diantisipasi mengganggu event kali ini," kata dia.

Bertindak sebagai tuan rumah, Indonesia akan mengirimkan 3 atlet putri, dan 3 atlet putra kategori Speed. Sedangkan untuk kategori Lead&Boulder (Combine), Indonesia mengirimkan 3 atlet putri dan 3 atlet putra juga.

Total 12 orang atlit Indonesia tersebut akan bertarung pada tahap kualifikasi zona Asia guna mendapatkan jatah menuju Olimpiade. Kuota Olimpiade untuk atlet kawasan Asia sendiri berjumlah 4 tempat. Di mana pemenang utama dari tiap-tiap kategori akan otomatis mendapatkan jatah tersebut.



Sebelum dilaksanakan di Indonesia, beberapa zona lain seperti Pan Amerika dan Eropa telah melaksanakan pertandingan kualifikasi. Secara total untuk seluruh dunia, ada jatah 68 tempat untuk atlet dapat bertarung di Olimpiade Paris 2024 dari cabor panjat tebing. Sebanyak 40 tempat diperebutkan bagi kategori Lead&Boulder. Untuk kategori Speed berjumlah 28 tempat, yang diperebutkan atlet panjat tebing seluruh dunia.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1253 seconds (0.1#10.140)