Cara Membaca Tajwid Surat An-Nasr Ayat 1-3 Beserta Penjelasannya

Rabu, 08 November 2023 - 20:52 WIB
loading...
Cara Membaca Tajwid Surat An-Nasr Ayat 1-3 Beserta Penjelasannya
Ulama Tafsir bersepakat bahwa Surah An-Nasr ini merupakan Surah Madaniyyah walaupun turun di Makkah yaitu pada saat Haji Wada. Foto/ist
A A A
Surat An-Nasr (pertolongan) merupakan surat ke 110 dalam mushaf Al-Qur'an terdiri 3 ayat. Surat ini termasuk golongan surat Madaniyyah walupun diturunkan di Kota Makkah.

Perlu diketahui, membaca Al-Qur'an dengan ilmu tajwid hukumnya fardhu kifayah. Bahkan membaca Qur'an dengan tartil sangat dianjurkan sebagaimana atsar dari Sayyidina Ali bin Abi Thalib. Tartil artinya tajwidul huruf, wa ma'rifatul wuquf yaitu mengindahkan bacaan huruf, dan mengetahui tentang waqaf-nya.

Berikut hukum tajwid Surat An-Nasr Ayat 1-3

اِذَا جَآءَ نَصۡرُ اللّٰهِ وَالۡفَتۡحُۙ

Latin: Idzaa jaa-a nash rullahi walfath.
Artinya: "Apabila telah datang pertolongan Allah dan kemenangan." (QS An-Nasr Ayat 1)

َرَاَيۡتَ النَّاسَ يَدۡخُلُوۡنَ فِىۡ دِيۡنِ اللّٰهِ اَفۡوَاجًا

Latin: Wa ra-aitan naasa yadkhuluuna fii diinil laahi afwajaa.
Artinya: "Dan engkau melihat manusia berbondong-bondong masuk agama Allah." (QS An-Nasr Ayat 2)

فَسَبِّحۡ بِحَمۡدِ رَبِّكَ وَاسۡتَغۡفِرۡهُ‌ ؔؕ اِنَّهٗ كَانَ تَوَّابًا

Latin: Fa sabbih bihamdi rabbika was taghfirhu, innahu kaana tawwaabaa.
Artinya: "Maka bertasbihlah dengan memuji Tuhanmu dan mohonlah ampunan kepada-Nya. Sungguh, Dia Maha Penerima tobat." (QS An-Nasr Ayat 3)

Cara Membacanya:

1. اِذَا : Hukumnya Mad Thabi'i karena huruf Dzal fathah bertemu Alif dan cara bacanya dipanjangkan 2 harakat.

2. جَاۤءَ : Mad Wajib Muttashil karena mad thabi'i bertemu hamzah dalam satu kalimat. Cara bacanya dipanjangkan 5 harakat.

3. نَصْرُ اللّٰهِ : Terdapat Tafkhim karena sebelum huruf Lam Jalalah yakni Ra berharakat dhommah. Cara bacanya dibaca tebal dan dipanjangkan 2 harakat.

4. وَالْفَتْحُۙ : Terdapat 2 hukum tajwid yaitu Alif Lam Qomariyah karena huurf Lam bertemu Fa. Cara bacanya izhar. Kedua, Ta Mabsuthah karena Ta huruf mati berubah suaranya menjadi "ech".

5. النَّاسَ : Terdapat 3 hukum tajwid pada kata ini. Pertama Alif Lam Syamsiyah karena Lam bertemu Nun. Kedua, Ghunnah karena Nun bertasydid dan cara bacanya dengung dan ditahan. Ketiga, mad thabi'i karena Nun fathah bertemu alif dan cara bacanya dipanjangkan 2 harakat.

6. يَدْخُلُوْنَ : Terdapat 2 hukum tajwid. Pertama, qalqalah sughra karena huruf Dal sukun berada di tengah kalimat dan cara bacanya dipantulkan ringan. Kedua, Mad Thabi'i, karena Lam dhummah bertemu wawu sukun dan cara bacanya dipanjangkan 2 harakat.

7. فِيْ : Hukum tajwidnya Mad Thabi'i karena huruf Fa kasrah bertemu Ya sukun dan cara bacanya dipanjangkan 2 harakat.

8. دِيْنِ اللّٰهِ : Terdapat 2 hukum tajwid. Pertama, Mad Thabi'i karena Dal kasrah bertemu Ya sukun dan cara bacanya dipanjangkan 2 harakat. Kedua, tarqiq (tipis) karena Lam jalalah didahului huruf nun kasrah dan cara bacanya lam jalalah dibaca tipis dan panjang 2 harakat.

9. اَفْوَاجًاۙ : Terdapat 2 Hukum tajwid. Pertama, Mad Thabi'i karena huruf Waw fathah bertemu Alif dan cara bacanya dipanjangkan 2 harakat. Kedua, Mad Iwadh karena Jim bertanwin diwakafkan dan cara bacanya tanwin dihilangkan dan dipanjangkan 2 harakat.

10. أَفْوَاجًا فَسَبِّحْ : Hukum tajwidnya yakni ikhfa karena Jim tanwin bertemu huruf Fa jika diwashal atau diteruskan dan cara bacanya dengan dengung dan ditahan.

11. بِحَمْدِ : Hukum tajwidnya idzhar karena Mim sukun bertemu Dal. Cara bacanya jelas di bibir.

12. اِنَّهٗ : Terdapat 2 hukum tajwid. Pertama, Idgham Ma'al Ghunnah karena Nun bertasydid dan cara bacanya ditahan dan dengung. Kedua, Mad Shilah Qashirah karena sebelum Ha dhamir ada huruf hidup dan cara bacanya dipanjangkan 2 harakat.

13. كَانَ : Mad Thabi'i karena Kaf fathah bertemu Alif dan cara bacanya dipanjangkan 2 harakat.
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1755 seconds (0.1#10.140)