Sandiaga Uno: Aquabike Jetski World Championship 2023 Berikan Dukungan Promosi pada Indonesia

Sabtu, 11 November 2023 - 13:30 WIB
loading...
Sandiaga Uno: Aquabike Jetski World Championship 2023 Berikan Dukungan Promosi pada Indonesia
Sebanyak 40 pembalap lebih dari 18 negara bakal memeriahkan ajang balap jetski Internasional bertajuk Aquabike Jetski World Championship di Danau Toba pada 22-26 November 2023.
A A A
Sebanyak 40 pembalap lebih dari 18 negara bakal memeriahkan ajang balap jetski Internasional bertajuk Aquabike Jetski World Championship di Danau Toba pada 22-26 November 2023. Pada peserta ini terdiri dari 30 pembalap internasional dan 10 pembalap Indonesia.

Event ini menjadi ajang kejuaraan balap air dunia kedua yang diselenggarakan di Danau Toba, setelah F1Powerboat World Championship yang digelar Februari lalu. Selama lima hari, Aquabike Jetski World Championship 2023 bakal dibagi menjadi dua kategori, yakni endurance world championship (endurance) dan circuit world championship.

Kategori endurance diadakan pada hari pertama hingga ketiga dengan lokasi di Kabupaten Karo, Dairi, dan Samosir. Kategori ini akan diadakan di sirkuit tertutup sepanjang tiga kilometer dengan batas waktu maksimal satu jam. Sementara itu untuk kategori circuit akan diselenggarakan pada hari keempat dan kelima di Balige, Toba.


Melalui ajang ini diyakini dapat menggerakkan roda perekonomian daerah, sekaligus menjadi wadah bagi pelaku UMKM untuk mengembangkan sayap usahanya menjadi lebih besar. "Setelah diselenggarakan di 40 negara, sekarang saatnya dunia untuk melihat budaya dan keunikan Toba melalui penyelenggaraan Aquabike Jetski World Championship 2023. Kehadiran event ini memberikan dukungan promosi yang tak terhingga kepada perekonomian Indonesia khususnya bagi masyarakat sekitar wilayah Danau Toba," ujar Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, dalam keterangan persnya.

"Terlebih event ini akan berlangsung di Indonesia setiap tahunnya hingga 2027 mendatang, dimana melalui event ini ditargetkan dapat meraih keuntungan 60-70 persen lebih besar dibanding F1Powerboat," sambung Sandiaga Uno.

Sementara itu, Menpora Dito Ariotedjo menyambut positif event internasional yang berlangsug di Danau Toba. Dia menuturkan jika mengacu pada Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) maka kegiatan ini upaya untuk membangkitkan sport tourism dan sport entertainment yang menjadi instrumen penting di dalam peningkatan ekonomi masyarakat.



"Semoga Indonesia bisa memiliki tim sendiri untuk mengikuti ajang Aquabike Jetski World Championship secara penuh. Sebab, Indonesia memiliki kontrak sebagai tuan rumah selama lima tahun ke depan atau hingga tahun 2027 yang harus dimanfaatkan untuk pengembangan potensi pembalap nasional. Jadi peluangnya sangat besar, sehingga pemerintah terus mendorong dan mengambil bagian serta kolaborasi atau kerja sama dengan berbagai sektor baik di dalam dan luar negeri. Kami yakin acara ini akan mengulang kesuksesan F1 Powerboat," tutur Dito.

Terdapat beberapa rangkaian acara pada ajang Aquabike Jetski World Championship 2023. Salah satu yang menarik adalah pada saat pembukaan acara di Kabupaten Samosir yaitu diadakannya kompetisi Perahu Naga.

Kompetisi ini terbagi atas kompetisi antar-kabupaten yang diikuti 8 kabupaten dan kompetisi selebriti. Selain itu, event kelas dunia di Danau Toba ini juga akan diikuti oleh serangkaian side event lainnya yang menarik. Empat kabupaten dan juga pemerintah Provinsi Sumatera Utara ikut terlibat aktif dalam penyelenggaraan side event yang terdiri dari festival budaya dan festival UMKM.

"Kami melibatkan berbagai lapisan masyarakat untuk dapat menampilkan berbagai macam keragaman dan adat budaya lokal dalam bentuk suguhan penampilan. Side event ini diharapkan dapat memberikan pengalaman kultur budaya yang dapat berinteraksi dengan pengunjung. Sementara UMKM lokal juga dilibatkan untuk mendorong perekonomian lokal sekaligus memperkenalkannya kepada masyarakat internasional sehingga dapat membuat mereka naik kelas," papar PJ Gubernur Sumatra Utara, Hasanudin.

(yov)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2948 seconds (0.1#10.140)