Ini Satu-satunya Politeknik di Indonesia yang Masuk Daftar QS AUR 2024

Minggu, 12 November 2023 - 11:25 WIB
loading...
Ini Satu-satunya Politeknik di Indonesia yang Masuk Daftar QS AUR 2024
oliteknik Negeri Jakarta menjadi satu-satu politeknik di Indonesia yang masuk dalam daftar sekaligus menjadi politeknik terbaik di Indonesia versi QS. Foto/YouTube PNJ.
A A A
JAKARTA - Politeknik Negeri Jakarta (PNJ) menjadi satu-satunya politeknik di Indonesia yang berhasil masuk daftar Quacquarelli Symonds (QS) Asia University Rankings (AUR) 2024.

Lembaga penyedia layanan dan analitik terkemuka dunia untuk sektor pendidikan tinggi ini berbasis di Inggris. Rilis QS AUR telah dirilis pada Rabu (8/11/2023).

Dalam pemeringkatan bergengsi tersebut, Politeknik Negeri Jakarta berada di peringkat 801 dari total 857 universitas yang masuk dalam daftar pemeringkatan. Daftar rilis universitas tersebut sendiri berasal dari 25 negara di Asia.

Dikutip dari laman Ditjen Pendidikan Vokasi, Minggu (12/11/2023), pemeringkatan ini menunjukkan Politeknik Negeri Jakarta menjadi satu-satu politeknik di Indonesia yang masuk dalam daftar sekaligus menjadi politeknik terbaik di Indonesia versi QS.

Baca juga: Unair Masuk Daftar 15 Kampus Terbaik di Asia Tenggara Versi QS AUR 2024

Metode dan kriteria penilaian yang digunakan pada QS Asian University Ranking hampir sama dengan yang diterapkan pada QS World University Ranking. Hanya saja, terdapat penambahan dan penyesuaian bobot.

Setidaknya ada empat Indikator utama yang dijadikan tolok ukur dalam penilaian, yakni research and discovery, employability and outcomes, learning experience, dan global engagement.

Keempat indikator utama tersebut dirincikan dalam sebelas kriteria, yakni:


1. Academic reputation (30 persen)
2. Employer reputation (20 persen)
3. Faculty student ratio (10 persen)
4. Citations per paper (10 persen)
5. International research network (10 persen)
6. Papers per faculty (5 persen)
7. Staff with PhD (5 persen)
8. International student ratio (2,5 persen)
9. International faculty ratio (2,5 persen)
10. Inbound exchange student ratio (2,5 persen)
11. Outbound exchange student ratio (2,5 persen).

Pada edisi QS Asia University Rankings yang ke-16 ini, ada penambahan peserta yang mengikuti pemeringkatan, yakni 149 universitas untuk Asia dan 7 universitas untuk Indonesia.

Baca juga: 20 Universitas Terbaik di Asia Versi QS AUR 2024, Kampus Indonesia Nomor Berapa?

Bersamaan dengan pemeringkatan tersebut, lembaga QS juga menerbitkan empat peringkat turunan subregional, yaitu QS Asia University Rankings: Eastern Asia, Southern Asia, South-Eastern Asia, dan Central Asia.

Politeknik Negeri Jakarta di tingkat subregional Asia Tenggara menempati peringkat 139 sehingga menunjukkan bahwa politeknik di Indonesia mampu bersaing di tingkat regional baik Asia Tenggara maupun Asia.

8 Jurusan Kuliah yang Tersedia di Politeknik Negeri Jakarta

1. Teknik Sipil
2. Teknik Mesin
3. Teknik Elektro
4. Akuntansi
5. Administrasi Niaga
6. Teknik Grafika
7. Teknik Grafika dan Penerbitan
8. Teknik Informatika dan Komputer.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2057 seconds (0.1#10.140)