Lirik Selawat Al Fatih Bahasa Arab, Latin, dan Terjemahan

Senin, 13 November 2023 - 17:41 WIB
loading...
Lirik Selawat Al Fatih Bahasa Arab, Latin, dan Terjemahan
Bacaan selawat Fatih. Foto istimewa
A A A
Selawat Al Fatih termasuk di antara amalan yang memiliki banyak keutamaan. Maka dari itu, umat Muslim perlu mengetahui lirik serta memahami artinya.

Keutamaan membaca selawat tidak perlu diragukan lagi. Selain perintah langsung dari Allah dalam Al-Qur'an, dalam Hadis Nabi ﷺ juga bersabda: "Siapa saja yang berselawat kepadaku sekali, niscaya Allah berselawat kepadanya sepuluh kali." (HR Muslim)

Umat muslim tentu sudah mengetahui banyak bacaan selawat. Beberapa di antaranya yang sangat populer seperti Selawat Jibril, Selawat Badar, Selawat Syifa, hingga Selawat Al Fatih.

Selawat Al Fatih dikatakan berasal dari sanad Syekh Ahmad Tijani dan Sayyid Muhammad al-Bakri. Selawat ini juga dianjurkan untuk dihafal dan dipahami maknanya. Berikut lirik bacaan Selawat Al Fatih

Lirik Selawat Al Fatih

اللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلَّمْ وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ الْفَاتِحِ لِمَا أُعْلِقَ وَالْحَاتِمِ لِمَا سَبَقَ وَالنَّاصِرِ الْحَقِّ بِالْحَقِّ وَالْهَادِي إِلَى صِرَاطِكَ الْمُسْتَقِيمِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ حَقَّ قَدْرِهِ وَمِقْدَارِهِ الْعَظِيْمِ


Latin: "Allahumma shalli wasallim wabârik 'alâ sayyidinâ Muhammadinil fâtihi limâ ughliqa walkhâtimi limâ sabaqa wannâshiril haqqi bil haqqi walhadî ilâ shirâtikal mustaqimi shallallahu 'alaihi wa'alâ âlihi wa ashhâbihî haqqa qadrihi wamiqdârihil 'adzimi"

Artinya: "Ya Allah, limpahkan sholawat, salam, dan keberkahan kepada junjungan kami, Nabi Muhammad SAW, pembuka segala yang terkunci, penutup apa yang telah berlalu, pembela yang hak, dan petunjuk kepada jalan yang lurus. Semoga Allah melimpahkan selawat kepadanya, keluarga, dan para sahabatnya dengan hak derajat dan kedudukannya yang agung."

Keutamaan Selawat Al Fatih

Sebagaimana bacaan selawat pada umumnya, Selawat Al Fatih juga memiliki banyak keutamaan. Salah satunya pernah disampaikan Syekh Yusuf Ibn Ismail al-Nabhaniy:

من واظب عليها كل يوم مائة مرة انكشف له كثير من الحجب وحصل له من الأنوار وقضاء الأوطار ما لا يعلم قدره إلا الله


Terjemahan: "Siapa saja yang lazim membacanya setiap hari 100 kali, niscaya akan terbuka baginya segala dan ia mendapatkan cahaya serta tertunaikan segala hajat yang tiada mengetahui kadarnya melainkan Allah. (Afdhal al-Shalawat Ala Sayyid al-Sadat (Beirut: Dar al-Fikr 2004) h.140)

Demikian ulasan mengenai lirik Selawat Al Fatih yang bisa diketahui. Semoga bermanfaat.



Wallahu a’lam.
(wid)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1698 seconds (0.1#10.140)