5 Negara Timur Tengah dengan Militer Terkuat, Israel Urutan Berapa?

Rabu, 15 November 2023 - 09:04 WIB
loading...
5 Negara Timur Tengah dengan Militer Terkuat, Israel Urutan Berapa?
Israel dianggap sebagai negara dengan militer terkuat di timur tengah. (Foto: Insider)
A A A
JAKARTA - Negara Timur Tengah dengan militer terkuat menarik diulas lantaran krisis di kawasan tersebut semakin panas semenjak serangan Badan Al Aqsa oleh Hamas pada 7 Oktober 2023.

Operasi Badai Al Aqsa direspons secara reaktif oleh Israel dengan mengerahkan kekuatan militer besar-besaran di Jalur Gaza, mengakibatkan lebih dari 10 ribu korban jiwa. Ironisnya, para korban merupakan rakyat Palestina yang tak bersalah. Tak sedikit di antara mereka adalah bayi dan anak-anak. Dunia internasional telah mengecam aksi ini dan menuntut penghentian tragedi kemanusiaan.

Meningkatnya eskalasi konflik di Palestina juga berimbas pada kondisi politik dan keamanan Kawasan. Amerika Serikat sebagai sekutu Israel mengirimkan kapal induk, bantuan persenjataan dan personel militer, sehingga memicu ketegangan yang lebih luas. Di sisi lain, negara-negara Islam di Kawasan tersebut juga tak tinggal diam. Iran bahkan dituduh diam-diam menyokong Hamas. Begitu pula dengan lascar Hizbullah Lebanon yang ikut terlibat dalam konflik.

Dari sekian negara-negara yang ikut terlibat dalam pusaran konflik, Israel dan Iran adalah dua dari lima kekuatan militer terbesar di Timur Tengah saat ini.


Berikut 5 negara dengan militer terkuat di Timur Tengah dilansir dari Sputnik, Rabu (15/11/2023).

1. Israel


Pasukan Pertahanan Israel atau IDF merupakan pasukan yang dianggap sebagai militer paling kuat di timur tengah. Sejak tahun 1948, Israel sering terlibat dalam perang, dimulai dengan perang Arab Israel pertama pada 1948-1949. Selama sisa abad ke 20 dan awal abad ke 21, Israel senantiasa menunjukkan kemampuan untuk terlibat dalam operasi ofensif dan defensif. Terlebih lagi, Israel merupakan negara pemilik senjata nuklir. Diperkirakan Israel memiliki hingga 80 senjata nuklir yang dapat dikirim melalui udara dan rudal.

2. Iran


Iran adalah salah satu kekuatan militer besar di Timur Tengah. Dengan personel aktif angkatan darat yang terdiri dari 350.000 tentara reguler dan 230.000 pasukan elit korps garda revolusi Islam, Iran menjadi salah satu negara dengan tantara terbesar di Timur Tengah. Belum lagi 350.000 personal cadangan yang dapat dikerahkan dalam keadaan darurat. Iran juga memiliki anggaran militer sebesar USD6,8 miliar pada tahun 2022.

3. Turki


Turki merupakan negara dengan kekuatan militer terbesar kedua di NATO setelah Amerika Serikat. Negara ini juga merupakan salah satu kekuatan militer terbesar di Timur Tengah. Dengan 355.200 personel aktif dan 378.700 tentara cadangan, serta serangkaian pangkalan yang tersebar di wilayah, dukungan Turki terbukti penting bagi operasi apapun yang dilakukan oleh sekutu baratnya.

Turki juga memilik akses ke sejumlah pangkalan militer di luar negri termasuk Albania , Azerbaijan, Bosnia, Irak, Kosovo, Libya, Siprus Utara, Qatar, Somalia, dan Suriah.


4. Mesir


Mesir, negara yang berbatasan langsung dengan krisis yang terjadi di Gaza, juga dianggap memiliki salah satu kekuatan militer paling top di Timur tengah. Kekuatan militer Mesir menempati peringkat ke 14 dari 145 negara yang ditinjau dalam laporan Global Firepower Index tahun 2023. Angkatan bersenjata Mesir memiliki 438.500 personel aktif dan 479.000 personel cadangan yang dapat dipanggil dalam situasi krisis. Mesir memiliki anggaran militer sebesar USD4,6 miliar pada tahun 2022.

5. Arab Saudi


Kerajaan Arab Saudi menempati peringkat kelima dalam peringkat Global Firepower dari lima kekuatan militer terkuat di Timur Tengah, dan peringkat ke 22 secara keseluruhan. Dengan anggaran militer sebesar USD 69,1 miliar pada tahun 2023.

Angkatan bersenjata Arab Saudi memiliki 257.000 personel tugas aktif, dan dibagi menjadi angkatan darat, angkatan laut, angkatan udara, pasukan pertahanan udara, dan pasukan rudal strategis.

MG/Athaya Ramadhan
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1661 seconds (0.1#10.140)