Kenang Jasa para Pejuang, TNI-Polri Gelar Perayaan Ekaristi Hari Pahlawan 2023

Jum'at, 17 November 2023 - 17:54 WIB
loading...
Kenang Jasa para Pejuang, TNI-Polri Gelar Perayaan Ekaristi Hari Pahlawan 2023
Umat Katolik di lingkungan TNI dan Polri beserta para purnawirawan menyelenggarakan Perayaan Ekaristi Hari Pahlawan di Gereja Anak Domba Santo Yohanes Maria Vianney, Paroki Cilangkap, Jakarta Timur,
A A A
JAKARTA - Peristiwa heroik kepahlawanan pada 10 November selalu dikenang. Hal itu agar semangat perjuangan para pahlawan masa lalu tetap pijar lestari pada generasi penerus.

Untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan, umat Katolik di lingkungan TNI dan Polri beserta para purnawirawan menyelenggarakan Perayaan Ekaristi Hari Pahlawan di Gereja Anak Domba Santo Yohanes Maria Vianney, Paroki Cilangkap, Jakarta Timur, Jumat (17/11/2023).

Perayaan Ekaristi Hari Pahlawan dengan tema “Mewujudkan Gereja Sinodal Menghidupi Semangat Kepahlawanan” dihadiri sekitar 820 orang itu dipimpin oleh Mgr. Ignatius Kardinal Suharyo selaku Uskup Umat Katolik TNI-Polri atau Ordinariatus Castrensis Indonesia (OCI).



Mgr. Ignatius Kardinal Suharyo dalam homilinya menekankan memperingati Hari Pahlawan hendaknya tidak hanya mengingat jasa para pahlawan nasional saja. Melainkan juga harus mengenang semua pengorbanan para pejuang yang telah banyak berjasa dalam bidang apa pun untuk kemerdekaan bangsa Indonesia. Termasuk pahlawan tak dikenal sekalipun.

Sejalan dengan hal tersebut, kata dia, momentum kepahlawanan bagi umat Katolik di lingkungan TNI dan Polri bersama paguyuban purnawirawan dan warakawuri umat Katolik diudang dalam Pesta Perayaan Rohani ini untuk berjalan bersama ”Mewujudkan Gereja Sinodal Menghidupi Semangat Kepahlawanan” agar dimampukan Tuhan tetap terus mengabdi bagi keutuhan bangsa Indonesia dan Gereja.



“Ajakan mewujudkan Gereja Sinodal adalah salah satu cara dan upaya Gereja Katolik untuk mendengarkan suara dunia dan menjawab tantangan-tantangan yang dihadapi oleh dunia”, pesan Mgr. Ignatius Kardinal Suharyo.

Dalam Perayaan Ekaristi Hari Pahlawan itu Uskup OCI Mgr. Ignatius Kardinal Suharyo didampingi para selebran yakni Romo Kolonel Sus Yos M.M Bintoro, Pr; Romo Albertus Hendaryono, Pr; Romo Thomas AQ. M. Rochadi, Pr; Romo Yohanes Radityo Wisnu Wicaksono, Pr; Romo Antonius Dwi Haryanto, Pr; Romo Aloysius Tri Harjono, Pr; dan Romo Antonius Suhardi Antara, Pr.

Penyelenggaraan Perayaan Ekaristi Hari Pahlawan Gartap I/Jakarta 2023 ini diselenggarakan oleh TNI AL dengan Ketua Panitia Kolonel Laut (P) Sirilus Arif Susbintoro pamen Sopsal Mabesal.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3772 seconds (0.1#10.140)