Episode Terakhir MotoGP 2017, Marquez atau Dovizioso Juara Dunia?

Selasa, 07 November 2017 - 06:39 WIB
Episode Terakhir MotoGP 2017, Marquez atau Dovizioso Juara Dunia?
Episode Terakhir MotoGP 2017, Marquez atau Dovizioso Juara Dunia?
A A A
VALENCIA - Gelaran MotoGP 2017 sudah memasuki episode terakhir. Sirkuit Ricardo Tormo untuk kesekian kalinya akan menjadi saksi hidup pertarungan perebutan juara dunia di ajang balap motor paling bergengsi di dunia.

Pada akhir pekan ini, jutaan pasang mata akan memantau pergerakan dua kandidat juara dunia MotoGP yakni Marc Marquez dan Andrea Dovizioso. Dua pembalap yang berbeda tim ini akan mempertontonkan balapan yang penuh berisiko di lintasan sepanjang 4 km tersebut.

Enam kemenangan sudah dicetak Marquez maupun Dovizioso. Hanya saja, perbedaan terletak pada perolehan poin di klasemen sementara MotoGP. Pembalap Repsol Honda saat ini telah mengumpulkan 282 poin atau unggul 21 angka dari joki Ducati Corse.

Keberhasilan Marquez berada di posisi teratas klasemen sementara bukan fenomena yang baru. Pembalap asal Spanyol itu sudah beberapa kali memimpin klasemen sejak ia memulai debut di kelas utama pada 2013 lalu. Yang menjadi pembeda adalah Si Bayi Alien kembali mendapatkan perlawanan sengit hingga seri terakhir.

Di sisi lain, Dovizioso sebentar lagi bakal menyandang juara dunia MotoGP untuk pertama kalinya. Meskipun terbilang sulit lantaran sejarah Ducati di Sirkuit Ricardo Tormo kurang begitu mengesankan, namun saat ini Little Dragon tengah berada di posisi puncak setelah Pabrikan Italia terus melakukan terobosan untuk mengembangkan Desmocedici GP17.

Keberadaan Dovizioso sebagai runner up sementara di klasemen setidaknya sudah berhasil menyumpal mulut para pengkritik. Sekarang Dovi tinggal menuntaskan pekerjaan terakhirnya untuk mendapatkan podium pertama sambil berharap Marquez tercecer di urutan 12.

Jika itu benar-benar terjadi maka Dovizioso bakal keluar sebagai juara dunia mengingat dia secara keseluruhan telah mengoleksi tujuh kemenangan atau unggul satu kemenangan dari Marquez. Sebaliknya, bila pembalap Italia gagal berdiri gagah di podium pertama, maka ia harus merelakan trofi juara jatuh ke tangan rekan setim Dani Pedrosa.

Baca juga:
Ketika Biaggi Sanjung Lorenzo

Lorenzo Bicara Rapor Merah Motor Yamaha

Rapor Marquez dan Dovizioso di Grand Prix Valencia:

Marc Marquez

2012: Posisi 1 (Moto2)
2013: Posisi 3 (MotoGP)
2014: Posisi 1 (MotoGP)
2015: Posisi 2 (MotoGP)
2016: Posisi 2 (MotoGP)

Andrea Dovizioso

2012: Posisi 6 (MotoGP)
2013: Posisi 9 (MotoGP)
2014: Posisi 4 (MotoGP)
2015: Posisi 7 (MotoGP)
2016: Posisi 7 (MotoGP)
(sha)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4937 seconds (0.1#10.140)