PM Netanyahu Sudah Lelah dan Gagal karena Hadapi Perang di Semua Front

Minggu, 19 November 2023 - 14:35 WIB
loading...
PM Netanyahu Sudah Lelah dan Gagal karena Hadapi Perang di Semua Front
PM Benjamin Nentanyahu terbukti gagal dalam menghadapi perang melawan Hamas. Foto/Reuters
A A A
GAZA - Angin mulai berubah terhadap Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu ketika perang Israel di Gaza sudah melewati minggu keenam.

Berbagai jajak pendapat menunjukkan dukungan nasional terhadap Netanyahu dan koalisi pemerintahannya sedang runtuh, meskipun Israel terus memberikan dukungan yang sangat besar untuk perang melawan Hamas, kelompok militan Palestina yang menguasai Gaza.

CNN melaporkan partai-partai oposisi awalnya mendukung upaya perang Israel, dengan pemimpin Partai Persatuan Nasional Benny Gantz bergabung dengan pemerintah masa perang – namun perpecahan mulai muncul.

Pada hari Rabu, pemimpin oposisi negara itu Yair Lapid mengatakan sudah waktunya bagi perdana menteri yang sudah menjabat selama enam periode tersebut untuk mengundurkan diri, dan menyerukan partai Likud Netanyahu untuk menggulingkannya. Namun Lapid tidak menyerukan pemilihan umum baru, dan malah mengatakan bahwa Likud harus mengajukan pemimpin alternatif.



Negosiasi penyanderaan berlarut-larut: Israel, Hamas dan Amerika Serikat, dengan negara Teluk Qatar bertindak sebagai mediator, telah berjuang untuk mencapai kesepakatan mengenai sejumlah poin penting mengenai jeda untuk memungkinkan pembebasan sandera.

Poin-poin penting termasuk berapa hari potensi jeda dalam pertempuran akan berlangsung, jumlah sandera yang akan dibebaskan, dan permintaan Hamas agar Israel berhenti menerbangkan drone pengintai di Gaza.

Tindakan untuk mengurangi tekanan terhadap penduduk sipil di daerah kantong yang terkepung telah memicu kemarahan kabinet pemerintahan Netanyahu yang sulit diatur – yang merupakan kabinet paling sayap kanan dalam sejarah Israel.

Beberapa keluarga menuntut agar pemerintah mempertimbangkan “kesepakatan semua orang untuk semua orang,” yang diajukan oleh Hamas. Kesepakatan semacam itu akan melibatkan pertukaran sandera dengan seluruh warga Palestina yang saat ini ditahan di penjara-penjara Israel – sekitar 6.630 orang, menurut perkiraan Masyarakat Tahanan Palestina.

Meskipun pertukaran tersebut mungkin menimbulkan kekhawatiran dalam situasi saat ini, pertukaran tahanan pada tahun 2011 menyebabkan tentara Pasukan Pertahanan Israel yang diculik, Gilad Shalit, ditukar dengan lebih dari 1.000 tahanan Palestina.

(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0970 seconds (0.1#10.140)