FIFA Dukung Transformasi Sepak Bola Indonesia, Gelar 2 Agenda Besar di Jakarta

Minggu, 19 November 2023 - 20:02 WIB
loading...
FIFA Dukung Transformasi Sepak Bola Indonesia, Gelar 2 Agenda Besar di Jakarta
Induk organisasi sepak bola dunia atau FIFA langsung menunjukkan dedikasinya untuk mendukung transformasi sepak bola Indonesia setelah menetapkan kantor di Jakarta. / Foto: Antara
A A A
JAKARTA - Induk organisasi sepak bola dunia atau FIFA langsung menunjukkan dedikasinya untuk mendukung transformasi sepak bola Indonesia setelah menetapkan kantor di Jakarta. Dukungan itu diberikan dengan mengadakan dua agenda besar, yakni FIFA-ASEAN MoU Renewal Consultation Workshop dan FIFA Financial Governance Workshop.

Dua agenda besar ini diadakan di kantor FIFA Jakarta. Agenda pertama, yakni FIFA-ASEAN MoU Renewal Consultation Workshop digelar pada 15 November. Acara yang digagas bersama ASEAN Secretariat ini berfokus pada diskusi mengenai aktivitas yang telah dilaksanakan dalam kerangka Nota Kesepahaman FIFA-ASEAN yang telah berlangsung sejak 2019 dan akan berjalan hingga akhir 2024.

Selain itu, ada juga diskusi mencakup peran dan tanggung jawab, program FIFA Football 4 School (F4S) dan perlindungan serta keamanan stadion. Harapannya, nota kesepahaman ini akan diperbarui pada KTT ASEAN berikutnya di akhir 2024.



Direktur Anggota FIFA Asia & Oseania, Sanjeevan Balasingam mengatakan, agenda FIFA-ASEAN MoU Renewal Consultation Workshop ini bertujuan untuk meningkatkan sinergi FIFA dengan sepak bola Asia, terkhusus Asia Tenggara.

"Tujuan utama dari acara ini adalah menciptakan sinergi yang lebih besar antara para pemangku kepentingan sehingga MoU yang diperbarui lebih berorientasi pada kebutuhan nyata, sehingga diharapkan memiliki dampak yang lebih besar terhadap sepak bola dalam komunitas ASEAN," ujar Sanjeevan dalam rilis resminya, yang dikutip pada Minggu (19/11/2023).

Lalu, agenda selanjutnya FIFA Financial Governance Workshop berlangsung pada 16-17 November 2023. Agenda yang dihadiri para petinggi federasi sepak bola Asia Tenggara dan Timur ini berfokus pada penguatan tata kelola keuangan dan membahas topik meliputi panduan Tata Kelola Keuangan FIFA yang baru diluncurkan, praktik perencanaan & anggaran, transfer dana, tinjauan audit pusat, serta presentasi perangkat lunak akuntansi modern dan akuntansi proyek.

Pada workshop ini juga dilakukan pertemuan bilateral antara FIFA dan asosiasi sepak bola negara peserta untuk membahas isu-isu terkini. Anggota Komite Eksekutif PSSI, Vivin Cahyani menyebutka njika upaya ini merupakan bukti nyata komitmen FIFA membantu pengembangan sepak bola Asia Tenggara dan Timur.

"Upaya yang dilakukan oleh FIFA adalah bukti komitmennya untuk membina kredibilitas, transparansi, dan akuntabilitas dalam pengelolaan dana di asosiasi sepak bola di Asia Tenggara dan Asia Timur," ungkap Vivin.



Sementara itu, Ketua Umum PSSI , Erick Thohir juga memberikan pujian kepada FIFA atas inisiatif cepatnya yang ditujukan untuk meningkatkan standar tata kelola sepak bola di Asia, khususnya di Indonesia. Pria 53 tahun itu memastikan bahwa ke depannya akan ada peningkatan kolaborasi antara FIFA, PSSI, dan pemerintah Indonesia, dengan satu tujuan yaitu transformasi sepakbola di Indonesia.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1913 seconds (0.1#10.140)