Asal-usul Nama Abu Ubaidah, Identitas Samaran Jubir Brigade al-Qassam Hamas

Senin, 20 November 2023 - 13:07 WIB
loading...
Asal-usul Nama Abu Ubaidah, Identitas Samaran Jubir Brigade al-Qassam Hamas
Sosok Abu Ubaidah, juru bicara sayap militer Hamas Brigade Izz ad-Din al-Qassam. Identitas itu sebenarnya nama samaran. Foto/Aawsat
A A A
JAKARTA - Sosok Abu Ubaidah, juru bicara (jubir) sayap militer Hamas Brigade Izz ad-Din al-Qassam, mendadak tenar di tengah perang Israel-Hamas di Gaza. Nama itu sebenarnya identitas samaran, begitu juga dengan wajahnya yang selalu ditutup dengan keffiyeh Palestina.

Abu Ubaidah telah menjadi idola masyarakat yang membela rakyat Palestina dan perlawanan Hamas terhadap Israel.

Sama seperti para komandan Hamas, sosok Abu Ubidah terkenal misterius. Kemunculannya di tempat umum maupun pidatonya melalui video menjadi pemandangan langka bagi masyarakat Palestina.

Misteriusnya Abu Ubaidah justru membuat masyarakat Palestina menanti-nantikan kemunculannya karena ingin tahu perkembangan perjuangan Hamas melawan Israel.



Asal-usul Nama Abu Ubaidah


Sosok Abu Ubaidah pertama kali muncul ke publik pada 2002. Mengutip laporan Aawsat, kemunculan Abu Ubaidah saat itu sebagai petugas lapangan Brigade al-Qassam.

Ciri khasnya yang selalu menutupi wajahnya dengan keffiyeh Palestina sebenarnya meniru apa yang dilakukan Imad Aqel, pemimpin Brigade al-Qassam yang dibunuh oleh Israel pada 1993.

Abu Ubaidah resmi menjadi jubir Brigade al-Qassam pada 2005, yakni setelah Israel menarik pasukannya dari Jalur Gaza, Palestina.

Nama sebenarnya dari jubir Brigade al-Qassam tidak ada yang tahu, kecuali dirinya sendiri dan para komandan Hamas.

Menurut laporan media Arab, dia berasal dari kota Naalia di Gaza. Rumahnya, menurut klaim Israel, telah dibom berulang kali yakni pada 2008, 2012, 2014, dan dalam perang sekarang ini.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1245 seconds (0.1#10.140)