Profil Ipda Afan Harapansyah, Kapolsek Termuda Se-Indonesia Kelahiran Bogor

Selasa, 21 November 2023 - 12:54 WIB
loading...
Profil Ipda Afan Harapansyah, Kapolsek Termuda Se-Indonesia Kelahiran Bogor
Kapolsek Baras Ipda Afan Harapansyah. Foto: IG @afanharapansyah
A A A
JAKARTA - Ipda Afan Harapansyah merupakan kapolsek termuda di Indonesia kelahiran Bogor , 16 Juni 1999. Lulusan Akpol 2020 itu menjabat Kapolsek Baras, Kabupaten Pasangkayu, Sulawesi Barat sejak 2022 lalu.

Saat dilantik pada 2022, usia Afan baru berusia 22 tahun. Selain kapolsek termuda, pria berparas tampan ini juga mahir menggunakan bahasa isyarat.

"Kebetulan saya yang paling muda kemudian ditempatkan di Sulawesi Barat. Saya bukan orang Sulawesi, saya di Bogor," ujar Afan dikutip dari YouTube salah satu stasiun televisi swasta, Senin (21/11/2023).



Ketika memulai tugas di Polsek Baras, kebanyakan usia anggotanya berada di atas dirinya. Bahkan, ada yang memasuki masa pensiun.

Dia bersyukur disambut baik di Polsek Baras maupun masyarakat di Lariang Bulutabase, Sulawesi Barat.

Selama berdinas, Afan mengaku kerap dijodoh-jodohkan. Namun, dia masih berkeinginan mengejar pendidikan dan kemapanan dalam berkarier.

"Kalau dijodoh-jodohkan manusiawi, ya kita tanggapi baik-baik saja. Saya hanya menjelaskan ingin mengejar pendidikan, mapan dulu, fokus kesejahteraan masyarakat Baras," tuturnya.

Kelebihan lainnya, Afan jago menggunakan bahasa isyarat. Dia mengunggah ketika berkomunikasi menggunakan bahasa isyarat dengan teman-teman tuli di Desa Balanti, Sulawesi Barat melalui akun TikToknya @afanharapansyah.

Dia juga membuka kelas bahasa Inggris untuk siswa SD hingga SMA. Sekarang dia memiliki 48 anak didik yang mengikuti kelas bahasa Inggris di Polsek Baras.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2260 seconds (0.1#10.140)