Citigroup Umumkan Bakal PHK Ribuan Karyawan Mulai Hari Ini

Selasa, 21 November 2023 - 23:31 WIB
loading...
Citigroup Umumkan Bakal PHK Ribuan Karyawan Mulai Hari Ini
Citigroup akan melakukan PHK ribuan karyawan. FOTO/CNBC
A A A
JAKARTA - CEO Citigroup (C.N) Jane Fraser dan tim manajemen eksekutif mengumumkan perombakan menajemen secara besar-besaran. Hal itu tertuang dalam memo kepada para staf karyawan . Anggota tim manajemen eksekutif mengirim email kepada bawahan untuk melakukan perombakan. Para pemimpin juga mengadakan panggilan konferensi membahas masalah tersebut.

"Tindakan yang kami ambil untuk menata ulang perusahaan ini melibatkan beberapa keputusan yang sulit dan penuh konsekuensi. Namun, kami percaya bahwa ini merupakan langkah yang tepat untuk menyelaraskan struktur kami dengan strategi kami," ujar Fraser dikutip Reuters, Selasa (21/11/2023).



Pada divisi personal banking AS, Brad Wayman ditunjuk sebagai chief operating officer yang baru untuk unit tersebut. Bank menunjuk Chris McCullough untuk menggantikan Wayman sebagai kepala hipotek dan pinjaman usaha kecil.

Patrick Gallagher ditunjuk sebagai kepala eksekusi pada divisi tersebut. Dua eksekutif di divisi ini, Dena Roten dan Ryan Crowley, akan bertransisi dari jabatan mereka.

Citi akan mengangkat salah satu bankir paling senior di Eropa, Nacho Gutiérrez-Orrantia, sebagai kepala perbankan yang baru di wilayah tersebut, menurut orang-orang yang mengetahui situasi ini.

Dalam jabatan barunya sebagai kepala klaster Eropa, bankir asal Spanyol ini akan mengurus bisnis Citi di Eropa. Citi menolak untuk mengomentari nama-nama tertentu.

Reorganisasi secara keseluruhan dapat melibatkan ribuan pemutusan hubungan kerja (PHK), menurut sebuah sumber yang mengetahui situasi ini yang tidak berwenang untuk berbicara secara terbuka. Pada hari Senin, para manajer eksekutif mengadakan pertemuan dengan tim mereka untuk menjelaskan struktur baru di setiap divisi dan mengatakan siapa saja yang akan mendapatkan jabatan baru.



Dalam sebuah memo kepada para karyawan, Fraser mengatakan pengumuman final terkait perombakan tersebut akan dilakukan awal tahun depan. PHK diumumkan mulai Senin (20/11), dikomunikasikan secara lisan dalam pertemuan minggu lalu. Beberapa staf mungkin dapat melamar untuk posisi lain di bank tersebut.

Citi mengumumkan rencana untuk memangkas lapisan manajemen dari 13 menjadi delapan sebagai bagian dari perombakan terbesar dalam beberapa dekade. Pada dua lapisan teratas kepemimpinan, Citi mengurangi 15% peran fungsional dan menghilangkan 60 komite.

Staf pendukung di bagian kepatuhan dan manajemen risiko, dan staf teknologi yang bekerja pada fungsi-fungsi yang tumpang tindih berisiko diberhentikan.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2786 seconds (0.1#10.140)