10 Jurusan Soshum dengan Peluang Kerja Sangat Luas, Temukan Jawabannya di Sini

Rabu, 22 November 2023 - 11:00 WIB
loading...
10 Jurusan Soshum dengan Peluang Kerja Sangat Luas, Temukan Jawabannya di Sini
Ilmu komunikasi merupakan salah satu jurusan rumpun Soshum yang memiliki prospek kerja sangat luas di masa depan, salah satu menjadi seorang jurnalis. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini 10 jurusan Soshum /IPS dengan peluang kerja lulusannya sangat luas di masa depan. Setelah selesai mengenyam pendidikan di SMA, selanjutnya kamu harus lanjut ke jenjang perguruan tinggi.

Di perguruan tinggi, kamu direkomendasikan masuk ke jurusan yang sesuai dengan jurusan waktu di SMA atau pun sesuai dengan passionmu. Bidang Sosial Humaniora/Ilmu Pengetahuan Sosial (Soshum/IPS) memiliki banyak pilihan jurusan yang menjanjikan untuk karier di masa depan.

Lalu jurusan soshum / IPS apa saja yang memiliki prospek kerja bagus untuk masa depan? Artikel kali ini akan membahasnya secara tuntas, temukan jawabannya di bawah ini ya?

10 Jurusan Soshum / IPS dengan Prospek Kerja Bagus di Masa Depan


1. Psikologi

Psikologi merupakan studi tentang perilaku dan proses mental manusia. Lulusan psikologi dapat bekerja di berbagai bidang, seperti klinis, industri dan organisasi, pendidikan, dan riset. Profesi yang berkaitan dengan psikologi antara lain adalah psikolog klinis, psikolog pendidikan, psikolog industri dan organisasi, konselor, dan peneliti.

Beberapa universitas yang menyediakan jurusan psikologi antara lain Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, dan Universitas Padjajaran.

2. Ilmu Komunikasi


Ilmu Komunikasi juga termasuk jurusan anak Soshum dengan prospek kerja bagus di masa depan. Ilmu Komunikasi membahas tentang cara manusia berinteraksi dan berkomunikasi. Lulusan ilmu komunikasi dapat bekerja di berbagai bidang, seperti media, periklanan, humas, dan riset pasar.

Dengan ilmu komunikasi para lulusan bisa menekuni profesi seperti wartawan, produser, manajer humas, copywriter, dan riset pasar. Universitas-universitas yang menyediakan jurusan Ilmu Komunikasi diantaranya adalah Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, dan Universitas Padjajaran.

3. Hubungan Internasional


Jurusan ini memfokuskan diri mempelajari tentang hubungan antar negara dan organisasi internasional. Lulusan hubungan internasional dapat bekerja di berbagai bidang, seperti diplomatik, organisasi internasional, jurnalistik, dan riset.


Profesi yang bisa ditekuni oleh lulusan jurusan hubungan internasional antara lain adalah diplomat, pengamat kebijakan internasional, analis keamanan internasional, jurnalis internasional, dan peneliti. Untuk masuk ke jurusan ini kamu bisa mendaftarkan diri di Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, dan Universitas Airlangga.

4. Sejarah


Jurusan ini fokus pada studi tentang peristiwa masa lalu dan perubahan sosial. Lulusan sejarah dapat bekerja di berbagai bidang, seperti pendidikan, media, dan pariwisata. Profesi di masa depan yang cocok adalah menjadi peneliti sejarah, arsiparis, editor sejarah, dosen sejarah, dan konsultan pariwisata.

Beberapa universitas yang menyediakan jurusan Sejarah antara lain Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, dan Universitas Airlangga.

5. Ilmu Politik


Ilmu politik merupakan jurusan yang fokus pada studi tentang sistem politik dan pemerintahan. Lulusan ilmu politik dapat bekerja di berbagai bidang, seperti kebijakan publik, administrasi publik, dan riset politik.

Profesi yang bisa ditekuni di masa depan dengan ilmu politik antara lain adalah analis kebijakan publik, staf kebijakan, pengelola program publik, konsultan politik, dan peneliti politik. Universitas yang menyediakan jurusan Ilmu Politik antara lain adalah Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, dan Universitas Airlangga.

6. Sosiologi


Di jurusan ini, mahasiswa akan mendalami tentang masyarakat dan interaksi sosial. Lulusan sosiologi dapat bekerja di berbagai bidang, seperti pemerintahan, riset, dan pendidikan. Pekerjaan yang membutuhkan pakar sosiologi di antaranya adalah peneliti sosial, konsultan kebijakan sosial, staf riset, dosen sosiologi, dan jurnalis sosial. Kamu bisa mendaftarkan diri ke Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, dan Universitas Padjajaran yang menyediakan jurusan Sosiologi.

7. Antropologi


Jurusan ini fokus mempelajari manusia dan budaya. Lulusan antropologi dapat bekerja di berbagai bidang, seperti pengembangan masyarakat, riset, dan pemerintahan. Antropolog pengembangan masyarakat, peneliti antropologi, pengajar antropologi, dan konsultan bisnis internasional adalah profesi yang membutuhkan lulusan Antropologi. Mau kuliah jurusan ini? Daftarkan diri ke Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, dan Universitas Hasanuddin.

8. Arkeologi


Arkeologi merupakan studi tentang artefak manusia dan sejarah manusia. Lulusan arkeologi dapat bekerja di berbagai bidang, seperti konservasi, pendidikan, dan pariwisata. Profesi yang bisa menjadi karir lulusan arkeologi antara lain adalah arkeolog, konservator artefak, editor sejarah, dosen arkeologi, dan konsultan pariwisata sejarah. Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, dan Universitas Airlangga merupakan contoh perguruan tinggi yang menyediakan jurusan Arkeologi.

9. Geografi


Jurusan ini fokus mempelajari lokasi dan persebaran benda dan fenomena di bumi. Lulusan geografi dapat bekerja di berbagai bidang, seperti riset, pemerintahan, dan pengembangan kawasan.

Profesi pengamat lingkungan, konsultan pengembangan wilayah, peneliti lingkungan, dan ahli perencanaan tata ruang bisa menjadi masa depan lulusan Geografi. Beberapa universitas yang menyediakan jurusan Geografi di antaranya adalah Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, dan Universitas Diponegoro.

10. Ekonomi


Ekonomi adalah studi tentang produksi, distribusi, dan konsumsi barang dan jasa. Lulusan ekonomi dapat bekerja di berbagai bidang, seperti perbankan, industri, dan pemerintahan.

Profesi yang berkaitan dengan ekonomi antara lain adalah analis keuangan, manajer investasi, staf riset ekonomi, konsultan ekonomi, dan dosen ekonomi. Beberapa universitas yang menyediakan jurusan Ekonomi antara lain Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, dan Universitas Airlangga.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1414 seconds (0.1#10.140)