Prestasi Ganjar di Jawa Tengah, Dukung Pengembangan UMKM Melalui Hetero Space

Rabu, 22 November 2023 - 16:49 WIB
loading...
Prestasi Ganjar di Jawa Tengah, Dukung Pengembangan UMKM Melalui Hetero Space
Paslon capres Ganjar Pranowo dan cawapres Mahfud MD memiliki komitmen untuk mendukung pengembangan UMKM. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pasangan Calon Presiden (Capres) dan Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut 3, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD memiliki komitmen untuk mendukung perkembangan dan memberikan kepastian hukum kepada para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Hal ini terdokumentasi dalam Visi-Misi Ganjar-Mahfud dalam poin 'Mempecepat Pembangunan Ekonomi Berdikari Berbasis Pengetahuan dan Nilai Tambah.'

Dalam dokumen visi-misi yang terdiri dari 63 halaman tersebut, salah satu poinnya menekankan upaya Indonesia untuk menciptakan lingkungan usaha yang mendukung pertumbuhan UMKM, termasuk usaha ultra mikro, serta memastikan kepastian hukum bagi usaha-usaha tersebut.

Menciptakan lingkungan usaha yang mendukung pertumbuhan usaha ultra mikro dan UMKM serta usaha-usaha yang mampu naik kelas secara konsisten melalui penataan dan implementasi regulasi untuk menjamin kepastian hukum serta menempatkan rakyat sebagai pusat dalam kegiatan berusaha. Memastikan alokasi kredit perbankan minimal 35% untuk koperasi, UMKM, dan perusahaan rintisan diikuti dengan pelatihan serta fasilitasi akses pasar.” Dikutip pada keterangan tertulis dari Visi-Misi Ganjar Pranowo-Mahfud MD pada Rabu (22/11/2023).



Dalam misi tersebut, Ganjar-Mahfud berkomitmen untuk menciptakan lingkungan usaha yang memberikan kepastian hukum bagi UMKM serta usaha lain yang mampu berkembang. Mereka juga menegaskan bahwa rakyat akan menjadi fokus utama dalam kegiatan usaha, termasuk pada sektor usaha ultra mikro dan UMKM.

Kemampuan Ganjar dalam mewujudkan komitmen ini dinilai dapat terbukti, terutama melalui kinerjanya yang sukses dalam meningkatkan sektor perekonomian saat ia menjabat sebagai Gubernur.

Saat menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo secara berkesinambungan berusaha mengembangkan sektor UMKM di wilayahnya. Hingga kuartal pertama tahun 2023, ekspor dari UMKM Jawa Tengah telah mencapai 2,5 miliar dolar AS, menciptakan surplus sebesar 708 juta dolar AS.

Selama dua periode kepemimpinannya dari tahun 2013 hingga 2023, Ganjar telah melakukan berbagai upaya untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan UMKM. Salah satu inovasinya adalah Hetero Space, yang berperan sebagai platform kreatif untuk memberikan pengetahuan kepada para pelaku UMKM sebelum mereka memasarkan produk-produknya.

“Kalau sudah belaja mulai pembukuan, packaging, branding, bahkan ketika dia mau mempromokan produknya itu, dia harus belajar fotografi. Maka kita butuh semacam kreatif hub,” ucap Ganjar, pada acara Flexing Lokal bareng Google dan YouTube, yang diselenggarakan oleh Google Indonesia di Lokananta, Jalan Laweyan Solo pada Selasa (12/8/2023) lalu.

Setelah menyediakan wadah belajar bagi UMKM melalui Hetero Space, Pria berambut putih itu melangkah lebih jauh dengan menyediakan fasilitas berikutnya, yaitu akses ke modal. Hal ini menjawab salah satu keluhan umum yang sering disuarakan oleh UMKM setelah merencanakan penjualan produk-produk mereka.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1602 seconds (0.1#10.140)