Langkah dan Adab Sebelum Membaca Surat Yasin, Lengkap Beserta Doanya

Rabu, 22 November 2023 - 17:09 WIB
loading...
Langkah dan Adab Sebelum Membaca Surat Yasin, Lengkap Beserta Doanya
Sebelum membaca surat Yasin, ada beberapa langkah dan adab yang perlu diperhatikan agar bacaan kita mendapatkan pahala dan berkah dari Allah SWT. Foto ilustrasi/ist
A A A
Surat Yasin adalah salah satu surat yang dimuliakan dalam Al Qur'an. Surat ini terdiri dari 83 ayat dan termasuk dalam golongan surat Makkiyah.

Surat Yasin dinamai demikian karena diawali dengan huruf Ya Sin, yang merupakan salah satu dari huruf-huruf mukatta at. Surat Yasin mengandung banyak hikmah dan keutamaan bagi orang yang membacanya dengan penuh keimanan dan ketakwaan.

Sebelum membaca surat Yasin , ada beberapa langkah dan adab yang perlu diperhatikan agar bacaan kita mendapatkan pahala dan berkah dari Allah SWT. Berikut adalah langkah dan adab sebelum membaca surat Yasin , yang penting untuk diketahui.

Langkah dan Adab Sebelum Membaca Surat Yasin

1. Berwudu

Sebelum membaca surat yasin, disarankan untuk berwudu terlebih dahulu. Hal itu dilakukan karena kita akan memegang buku yasin atau Al-Quran.

2. Menggunakan Pakaian Suci

Selain berwudu, kita juga harus mengenakan pakaian yang suci dan menutup aurat, sebagai adab dalam membaca Al-Quran.

3. Menghadap Kiblat

Duduklah dengan menghadap ke arah kiblat. Jika tidak memungkinkan, cukup pemimpin doa saja yang menghadap ke kiblat.

4. Membaca Basmalah

Sebelum membaca surat yasin, bacalah basmalah, hamdalah, sholawat, dan istighfar. Kemudian bertawasul kepada Nabi Muhammad SAW, para sahabat, tabiin, syuhada, wali, syekh, ulama, guru-guru, dan ahli kubur keluarga yang telah meninggal apabila akan melakukan tahlil.

5. Membaca Surat Yasin dengah Fasih

Setelah itu, baru membaca surat yasin dengan tartil dan tajwid yang baik2. Jika bisa, pilihlah pemimpin doa yang memiliki suara bagus dan makhrajul huruf yang benar.

6. Membaca Doa

Setelah selesai membaca surat yasin, lanjutkan dengan membaca surat-surat pendek, dan doa. Berikut doanya.

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ. اللّٰهُمَّ اِنّٓا نَسْتَحْفِظُكَ وَ نَسْتَوْدِعُكَ اَدْيَانَنَا وَاَنْفُسَنَا وَاَهْلَنَا وَاَوْلَادَنَا وَاَمْوَالَنَا وَكُلِّ شَيْءٍ اَعْطَيْتَنَا


Bismillahirrahmaanirrahiim. Allahumma inna nastahfidzhuka wa nastaudi’uka diinana wa anfusanaa wa ahlanaa wa aulaadanaa wa amwaalanaa wa kulla syai’in a’thaitanaa.

Artinya: “Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Ya Allah, kami memohon penjagaan-Mu dan menitipkan kepada-Mu agama kami, dari kami, keluarga kami, anak-anak kami, harta benda kami, dan apa saja yang telah engkau berikan kepada kami.”

اَللّٰهُمَّ اجْعَلْنَا وَإِيَّاهُمْ فِى كَنَفِكَ وَاَمَانِكَ وَجِوَارِكَ وَعِيَاذِكَ مِن كُلِّ شَيْطَانٍ مَرِيدٍ وَجَبَّارٍ عَنِيدٍ وَذِى عَيْنٍ وَذِى بَغْيٍ وَمِنْ شَرِّ كُلِّ ذِى شَرٍّ اِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ


Allahummaj’alnaa fii kanafika wa amaanika wa jiwaarika wa ‘iyaadzika min kulli syaithaanim mariid wa jabbaarin‘ aniid wa dzii ‘ainin wa dzii baghyin wa min syarri kulli dzii syarrin innaka ‘alaa kulli syai’in qadiir.

Artinya: “Ya Allah, semoga engkau menjadikan kami dalam penjagaan, tanggungan, kedekatan dan perlindungan-Mu dari godaan setan yang menggoda, orang yang kejam, zalim dan durhaka, dan dari kejahatan penjahat, sesungguhnya engkau adalah maha kuasa atas segala sesuatu.”

اَللّٰهُمَّ جَمِّلْنَا بِالْعَافِيَةِ وَالسَّلَامَةِ وَحَقِّقنَا بِالتَّقْوٰى وَالْاِسْتِقَامَةِ وَاَعِذْناَ مِنْ مُوجِبَاتِ النَّدَامَةِ اِنَّكَ سَمِيْعُ الدُّعَاءِ


Allahumma jamilnaa bil’aafiyati was salaaati wa haqqiqnaa bit taqwaa wal istiqaamati wa a’idznaa min muujibaatin nadaamati innaka samii’ud du’aa’i.

Artinya: “Ya Allah, baguskanlah kami dengan kesehatan dan keselamatan, dan sejatikanlah kami dengan takwa dan istiqamah, jagalah kami dari penyesalah, karena sesungguhnya Engkau maha mendengarkan doa.”

اَللّٰهُمَّ اغْفِرْلَنَا وَلِوَالِدِيْنَا وَلِاَوْلَادِنَا وَمَشَايِخِنَا وَلِاِخْوَانِنَا ِفِى الدِّينِ وَلِاَصْحَابِنَا وَاَحْبَابِنَا وَلِمَنْ اَحَبَّنَا فِيكَ وَلِمَنْ اَحْسَنَ اِلَيْنَا وَ لِلْمُؤْمِنِينَ وَالْمُؤْمِنَاتِ وَالْمُسْلِمِينَ وَالْمُسْلِمَاتِ يَارَبَّ العَالَمِيْنَ


Allahummaghfirlanaa wa li waalidiina wa li aulaadinaa wa li masyaa-yikhinaa wa li ikhwaaniaa fiddiini wa li ashhaabinaa wa ahbaabinaa wa liman ahabbanaa fiika wa liman ahsana ilainaa wa lil mukminiina wal mukminaati wal musliminiina wal muslimaati ya rabbal ‘aalamiin.

Artinya: “Ya Allah ampunilah kami, kedua orang tua kami, anak-anak kami, guru-guru kami, saudara-saudara kami seagama, sahabat-sahabat kami, kekasih-kekasih kami, orang yang mengasihi kami karena Engkau, dan kepada siapa saja yang berbuat baik kepada kami, orang-orang yang beriman laki-laki dan perempuan dan orang-orang yang beragama Islam laki-laki dan perempuan, wahai Tuhan semesta alam.”

وَصَلِّ اَللّٰهُمَّ عَلَى عَبْدِكَ وَرَسُولِكَ سَيِّدِنَا وَمَوْلاَناَ مُحَمَّدٍ وَعَلَى اٰلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّمْ


Wasallalhumma alaabdika warasu likasaiyadinaa wamailanaa muhammadin wa ala lihi wasabihi wasallam

Artinya: “Ya Allah limpahkanlah rahmat dan keselamatan kepada hamba dan utusan-Mu. Yaitu junjungan kami Nabi Muhammad saw. beserta para keluarga dan sahabatnya."

وَارْزُقْنَا كَمَالَ الْمُتَابَعَةِ لَهُ وَظَاهِرًا وَبَاطِنًا فِي عَافِيَةٍ وَسَلَامَةٍ بِرَحْمَتِكَ يَااَرْحَمَ الرَّاحِمِينَ


Warzuqnaa kamaalal mutaaba’ati lahu zaahiran wa baathinan fii ‘aafiyatin wa salaamatin birahmatika yaa arhamar raahimiin.
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2345 seconds (0.1#10.140)