Duo Rider AHRT Habis-habisan di Seri Terakhir Moto2 dan Moto3

Minggu, 19 November 2017 - 06:03 WIB
Duo Rider AHRT Habis-habisan di Seri Terakhir Moto2 dan Moto3
Duo Rider AHRT Habis-habisan di Seri Terakhir Moto2 dan Moto3
A A A
VALENCIA - Menutup seri terakhir CEV International Championship 2017, dua rider Astra Honda Racing Team (AHRT), Dimas Ekky Pratama dan Andi ''Gilang'' Farid Izdihar, berjuang habis-habisan untuk menunjukkan performa terbaiknya. Pada sesi kualifikasi Sabtu (18/11), Dimas Ekky Pratama memastikan posisi ke-10 untuk balapan CEV Moto2 European Championship dan Andi "Gilang" Farid Izdihar menduduki posisi ke-14 untuk balapan CEV Moto3 Junior World Championship yang akan dihelat pada Minggu (19/11) hari ini di Ricardo Tormo International Circuit, Valencia, Spanyol.

Balapan CEV International Championship di Valencia kali ini memberikan tantangan tersendiri bagi dua pembalap Indonesia binaan PT Astra Honda Motor (AHM). Kondisi suhu yang mencapai 7 derajat di pagi hari disertai angin yang cukup dingin membuat para pembalap ini harus memperkuat konsentrasi saat balapan melawan dinginnya suhu yang menerpa.

Pada kelas CEV Moto2 European Championship, Dimas Ekky menunjukkan kematangan skill balapnya sepanjang sesi kualifikasi berlangsung. Pengalaman balapnya di sirkuit yang sama pada akhir Juni lalu serta keikutsertaannya dalam Grand Prix Moto2 seri Sepang lalu menjadi modal kuat kepercayaan dirinya dan peningkatan skill balapnya.

Pada sesi kualifikasi pertama, Dimas Ekky langsung menunjukkan skill mumpuni. Karakter sirkuit yang banyak tikungan tajam terutama pada sektor kedua membuat Dimas berjuang keras mencetak catatan waktu terbaik. Pebalap ini menorehkan catatan waktu 1:36,861 yang dicetak pada lap ke-12.

Pada sesi kualifikasi kedua, Dimas Ekky terpaksa harus menghentikan balapan karena terjatuh pada tikungan terakhir di lap pertama dan mengakibatkan cidera pada tangan kirinya. "Sayang sekali saya terjatuh pada kualifikasi kedua. Namun, saya tetap optimis menghadapi balapan hari Minggu karena balapan digelar pada jam yang sama dengan kualifikasi pertama, sehingga saya dapat lebih bisa memprediksi setting motor dan suhu yang akan dihadapi," ujar Dimas Ekky.

Melalui pencapaian hasil kualifikasi ini, Dimas Ekky akan menempati posisi ke-10 balapan CEV Moto2 European Championship seri terakhir di Valencia. Saat ini Dimas Ekky menempati posisi keenam hasil klasemen sementara CEV Moto2 European Championship dengan total 93 poin atau hanya selisih 2 poin dari pembalap asal Amerika yang berada di posisi 5 besar.

Pada kelas CEV Moto3 Junior World Championship, Andi Gilang langsung menorehkan posisi 6 besar pada sesi kualifikasi grup pertama dengan catatan waktu tercepat 1:40,157 yang dicetak pada lap ke-14 dari total 16 lap yang dijalani. Penampilan pebalap muda asal Bulukumba, Sulawesi Selatan pada sesi kualifikasi kedua pun tak kalah gemilang. Andi Gilang menyelesaikan balapan pada posisi ketujuh.

Catatan waktu kualifikasi Andi Gilang pada seri Valencia ini lebih baik dari catatan waktu kualifikasi pada seri Valencia awal Juli lalu. Pembalap muda ini menempati posisi start ketiga setelah menoreh waktu 1:40,291. Sesi kualifikasi CEV Moto3 Junior World Championship dibagi menjadi 2 grup untuk menyeleksi 42 pebalap terbaik dari 57 pebalap yang ikut dalam kelas ini.

Hasil kualifikasi dua grup peserta menempatkan Andi Gilang pada posisi ke-14 balapan CEV Moto3 Junior World Championship seri terakhir di Valencia. Saat ini Andi Gilang menempati posisi ke-15 klasemen sementara CEV Moto3 Junior World Championship dengan total 29 poin.

"Pada kualifikasi ini, target saya terus berusaha meningkatkan catatan waktu pada setiap lap dan ternyata saya mampu mencetak catatan waktu yang jauh lebih baik dari kualifikasi di sirkuit ini juga Juli lalu. Semoga hal ini membuat saya lebih mampu bersaing pada balapan hari Minggu," ujar Andi Gilang.

Balapan seri terakhir CEV International Championship digelar Minggu (19/11) yaitu sekali balapan untuk kelas CEV Moto2 European Championship pukul 18.00 WIB, serta sebanyak dua kali untuk kelas CEV Moto3 Junior World Championship pukul 17.00 WIB dan 22.00 WIB.
(aww)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5481 seconds (0.1#10.140)