Gara-gara Masuk Grup Neraka, Media China Tuding Undian Piala Asia U-23 2024 Curang!

Jum'at, 24 November 2023 - 23:59 WIB
loading...
Gara-gara Masuk Grup Neraka, Media China Tuding Undian Piala Asia U-23 2024 Curang!
Media China secara terang-terangan menuding pengundian Piala Asia U-23 2024 dipenuhi kecurangan / Foto: Kolase
A A A
Media China secara terang-terangan menuding pengundian Piala Asia U-23 2024 dipenuhi kecurangan. Ada beberapa faktor yang membuat media tersebut berani membuat laporan dugaan kecurangan tersebut.

Pertama, saat undian Piala Asia U-23 2024 berlangsung, tiba-tiba terjadi gangguan sinyal. Kedua, layar siaran langsung juga menjadi hitam.

"Kecurangan blak-blakan sebelum turnamen Piala Asia U-23? AFC memutus sinyal siaran langsung televisi dari pengundian, China U-23 masuk ke grup neraka. Saat pengundian menjelang final Piala Asia U-23, terjadi situasi yang sangat tidak terduga," tulis Sohu, dikutip dari Soha VN, Jumat (24/11/2023).



"Awalnya, AFC menjual hak siar undian tersebut ke sejumlah negara dan wilayah. China juga telah membeli hak siar langsung. Namun sekitar setengah jam sebelum pengundian, situs resmi AFC termasuk sinyal siaran langsungnya terputus. Di Internet, Anda hanya dapat melihat layar hitam. Sesaat kemudian, hasilnya diumumkan dan China U-23 masuk ke grup maut. Dapat dikatakan bahwa ini hampir merupakan penipuan yang terang-terangan," tambahnya lagi.

Dengan menghitamnya layar siaran langsung, tidak ada yang tahu bagaimana proses undian terjadi. Tiba-tiba, hasil undian sudah keluar dan terlihat seperti yang diketahui sekarang.

Media China menuding konfederasi sepak bola Asia Barat adalah dalang di balik kecurangan ini. Sebab, beberapa tim dari konfederasi itu memiliki grup yang relatif mudah.


"Kita tahu AFC selalu dikuasai oleh negara-negara Asia Barat. Tidak hanya itu, orang kunci dalam undian ini adalah Ketua Komite Keuangan AFC Uzbekistan. Alhasil, Uzbekistan berada di grup mudah (dengan Vietnam, Kuwait dan Malaysia)," tulis Sohu, masih dikutip dari Soha VN.

"Begitu pula dengan Arab Saudi, tim yang dalam beberapa tahun terakhir ingin memperluas kekuasaannya, juga masuk ke grup mudah (bersama Irak, Thailand, dan Tajikistan). Situasi di grup C dan D jelas sangat menguntungkan bagi keduanya. Uzbekistan dan Arab Saudi," tambah tulisan itu.

Sekadar informasi, dalam proses pengundian itu. China U-23 tergabung di Grup B bersama Korea Selatan U-23, Jepang U-23, dan Uni Emirat Arab U-23.
(yov)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1585 seconds (0.1#10.140)