alexa snippet

Ciptakan Brand Sendiri, Wadah Atlet Dulang Uang

Ciptakan Brand Sendiri, Wadah Atlet Dulang Uang
Ciptakan Brand Sendiri, Wadah Atlet Dulang Uang. (Istimewa).
A+ A-
MADRID - Popularitas selaras dengan kesempatan besar untuk mendulang uang. Hal ini dipahami betul oleh sejumlah atlet atau mantan olahragawan. Di antaranya oleh atlet berpenghasilan tertinggi tahun ini Cristiano Ronaldo.   

CR7 –julukan Ronaldo- yang mengumpulkan Rp1,3 triliun  pada 2017, piawai dalam mengelola keuangannya.  Dengan badan atletis dan wajah ganteng, peraih empat gelar FIFA Ballon d’Or itu juga sukses menjadi ambassador brand ternama dunia.

Namun, itu tidaklah cukup, CR7 juga menelurkan merek dengan namanya sendiri. Dia menggeluti dunia fashion dengan melempar baju, jaket, celana dalam, celana jenas, sepatu, serta parfum ke pasar.

Teranyar, penggawa Real Madrid dan timnas Portugal tersebut mengeluarkan produk headphone bekerja sama dengan Monster, ROC Sport SuperSlim. Headphone ini sedikitnya memiliki tiga produk, dengan harga USD170 hingga USD300.

Berdasarkan hasil studi Institut Portugal untuk Administrasi dan Pemasaran (IPAM), nilai merek CR7 kini melampaui 100 juta euro. “Ronaldo sudah menjadi merek asal Portugal yang paling dikenal di dunia,” kata Direktur IPAM, Daniel Sa, dilansir Firstpost.

“Ketika kalian membandingkan Ronaldo dengan para bintang sepak bola Portugal lainnya seperti Luis Figo atau Rui Costa, kalian akan melihat peran signifikan media sosial. Dampaknya besar,” tambahnya.

Kiprah serupa juga ditempuh mantan bintang NBA Michael Jordan. Legenda Chicago Bulls ini boleh saja pensiun dari dunia basket tapi namanya masih dikenal publik secara luas.  Dengan pamornya yang tinggi, sejak beberapa tahun lalu, perusahaan raksasa sekelas Nike pun tidak ragu untuk menekan kemitraan dan membuat produk sepatu dengan merek Air Jordan.

Atas kerja sama itu yang berjalan dengan sukses, aliran uang ke rekening Jordan terus mengalir. Dia bahkan sempat masuk ke dalam daftar mantan atlet terkaya di dunia versi Forbes pada tahun lalu. Pada 2014, penjualan Air Jordan tembus hingga USD2,6 miliar atau naik 2,6%. Jordan sendiri meraup USD100 juta dalam setahun.

Penghasilan Jordan saat ini bahkan lebih besar ketimbang masih bermain di NBA. “Dengan investasi, kalian hanya perlu diam dan bersenang-senang,” kata Jordan, dilansir Johan Cruyff Institute.

Nike terus melakukan pengembangan desain. Sepatu Jordan XI Legend Blue bahkan sukses terjual habis dalam waktu tiga jam.

Dari lapangan hijau, eks andalan Manchester United (MU), Real Madrid dan timnas Inggris, David Beckham,  sudah lebih dulu terjun ke dunia bisnis. Dia mendirikan perusahaan sendiri bernama Beckham Brand Holdings pada 2014. Perusahaan itu memegang bisnis fashion istrinya Victoria dan perizinan pemakaian nama Beckham dalam suatu produk.

Seperti dilansir CNBC, keuntungan yang diraup Beckham Brand Holdings ditaksir mencapai 39,5 juta poundtserling pada akhir Desember 2015, atau naik sekitar 10 juta poundsterling dari setahun sebelumnya, sebelum pajak. Kekayaan keluarga Beckham dilaporkan mencapai 500 juta poundsterling pada 2015 silam.

Atlet senam ritmik asal China, Li Ning, juga membangun perusahaan pribadi. Sejak pensiun pada 1988, dia tertarik untuk menjual perlengkapan olahraga. Hanya berselang dua tahun, peraih tiga medali emas Olimpiade tersebut langsung mendirikan Li-Ning Company Limited yang memiliki revenue USD1,11 miliar pada 2012.
halaman ke-1 dari 2
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top